NAGIOS UNTUK MONITORING SERVER DENGAN PENGIRIMAN NOTIFIKASI GANGGUAN SERVER MENGGUNAKAN EMAIL DAN SMS GATEWAY (STUDI KASUS : PT. GAMATECHNO INDONESIA – YOGYAKARTA)

Authors

  • Nurul Fatmawati Asri
  • Amir Hamzah
  • Muhammad Sholeh

Keywords:

Monitoring Server, Notifikasi, Nagios, Email, SMS Gateway

Abstract

Pada penelitian ini dibangun sebuah sistem monitoring server menggunakan Nagios dengan pengiriman pesan notifikasi status server apabila mengalami gangguan melalui email dan SMS.Pengiriman pesan notifikasi status server ditujukan kepada admin jaringan untuk mempermudah kerja admin dalam hal monitoring server, tanpa harus berada dikantor.Monitoring server dilakukan terhadap 3 host server yang terdapat di perusahaan PT. Gamatechno Indonesia.yaitu :host monitoring server ‘localhost’, host ‘gtserver’ dan host ‘gtgforge’.

Pengiriman pesan notifikasi status gangguan server, dilakukan dengan cara konfigurasi langsung di dalam sistem monitoring Nagios. Pengiriman pesan notifikasi status server melalui email pada penelitian ini dilakukan dengan bantuan Mail Transfer Agent yaitu Postfix. Pengiriman pesan notifikasi status server melalui SMS menggunakan daemon gammu dan pengiriman dilakukan dengan perangkat modem SMS Gateway yaitu Wavecome Fastrack M1306B. Sebagai media penyimpanan data SMS dari pengiriman status Nagios, digunakan database MySQL, yang ter-generate dengan gammu, dengan pengelolaan database menggunakan PhpMyAdmin.

Hasil pengujian dari penelitian ini menunjukan keberhasilan mengirimkan pesan notifikasi status server melalui email dan SMS kepada admin jaringan. Pesan notifikasi status server yang sudah terkirim tersimpan pada database gammu.

References

Aulia, R.R., 2011, SMS Gateway Sebagai Media Pengiriman Notifikasi Masalah Server Pada Sistem Monitoring Nagios (Studi Kasus Monitoring Server Mail di PPTIK UGM), Skripsi, Jurusan Ilmu Komputer, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Chandra, R.L., Harsono, T. dan Awangga, R.M., 2011, SMS Alert Untuk Reporting Status Server, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Informatika, Institute Teknologi Telkom, Bandung.
Rasyid, B.A., Solikin dan Sularsa, A., 2011, Realisasi Monitoring Server Menggunakan Nagios Dengan Memanfaatkan Event Handler, email dan SMS Gateway, ACADEMIA Politeknik Telkom, edisi September 2011, Lembaga Penelitian Politeknik Telkom, Bandung.

Published

2014-07-01