PENGONTROLAN VPS (VIRTUAL PRIVATE SERVER) SEBAGAI SERVER RADIO STREAMING VIA ANDROID

Authors

  • Rohmat Hidayat
  • Edhy Sutanta
  • Suwanto Raharjo

Keywords:

android, radio streaming, server, smartphone

Abstract

Radio streaming merupakan teknologi multimedia services yang berkembang pesat dan menjadi trend pada saat ini yang bersifat multimedia real-time, interaktif, dan memegang peranan penting di masyarakat sebagai media yang aktual baik untuk hiburan, informasi, maupun bisnis. Layanan radio streaming pada jaringan komputer umumnya melibatkan komunikasi multipoint dengan melibatkan lebih dari dua pihak secara bersamaan (server dan client) yang dilewatkan pada jaringan TCP/IP.

Pada penelitian ini diimplementasikan suatu server radio streaming yang dibangun pada sebuah VPS (Virtual Private Server) yaitu sebuah teknologi server side yang memungkinkan sebuah mesin dengan kapasitas besar dibagi ke beberapa mesin virtual. Tiap mesin virtual melayani sistem operasi dan perangkat lunak secara mandiri dan dengan konfigurasi yang cepat. Kemajuan teknologi saat ini memungkinkan untuk mengembangkan aplikasi remote desktop dari sebuah smartphone ke sebuah mesin virtual.

Uji coba dilakukan sesuai dengan prinsip kerja dari radio streaming, Aplikasi diharapkan memberikan kemudahan administrator sebuah radio streaming dalam melakukan pekerjaannya tanpa harus selalu membawa laptop atau PC untuk melakukan broadcasting sebuah radio streaming.

References

Abadillah, S.N., 2011, Pembangunan VPN Dengan Menggunakan Virtual private server untuk menjaga keamanan internet publik (Studi Kasus Pada Jaringan WI_FI), Skripsi, Universitas Komputer Indonesia, http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-saninuraba-26106&q=Pembangunan%20VPN%20Dengan%20Menggunakan%20Virtual%20private%20server%20untuk%20menjaga%20keamanan%20internet%20publik.
Andrew, 2009, MPD + SONATA = Powerful Audio Player For Linux, http://www.webupd8.org/2009/10/mpd-sonata-powerful-audio-player-for.html.
Arsam, A, 2014, Pembangunan Aplikasi Video Streaming Berbasis Android di STV Bandung,
Http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbp jbptunikompp-gdl-arfiandyar-32925&q=streaming). diakses 27 maret 2014.
Forouzan, 2007, Data Communication and Networking. Singapura: TheMcGraw-Hill Companies.
Iqbal, 2009, Implementasi Internet Radio Streaming,
http://mirzen.wordpress.com/2009/05/03/internet-radio-streaming, diakses 27 maret 2014.
Kartikasari, D.,2012, Analisa Perbandingan Metode KVM Dengan OpenVZ Pada Mesin VPS (Virtual Private Server) Di PT. Lintas Data Prima Yogyakarta, Skripsi, http://repository.amikom.ac.id/files/publikasi_08.11.1956.pdf, diakses 18 Desember 2014.
Pamungkas, 2013, Perancangan Radio streaming Berbasis Web (Studi kasus: RadioStreaming Lembaga Pendidika Islam Ma’arif Wali Songo, Skripsi, http://repository.amikom.ac.id/files/Publikasi_08.12.3004.pdf, diakses 20 April 2014.
Safaat, H.N, 2012, Pemrograman Aplikasi MobileSmartphone dan Tablet PC Berbasis Android, Penerbit: Informatika.
Susanto, 2011, Pembuatan Radio Internet dengan CMS Joomla Menggunakan Winamp dan Shoutcast Server, Skripsi, Institut Sains & Teknologi AKPRIND, Yogyakarta.
Ximenes, 2012, Membangun Server Radio Streaming Menggunakan Shoutcast dengan CMS Wordpress Via Linux, Tugas Mandiri & Seminar, Institut Sains & Teknologi AKPRIND, Yogyakarta.

Downloads

Published

2016-07-16

Issue

Section

Articles