PENGUJIAN KINERJA KOMUNIKASI DATA MENGGUNAKAN IPv4 VS IPv6 pada JARINGAN CLIENT – SERVER

Authors

  • Muh. Eko Saputra L
  • Erna Kumalasari Nurnawati
  • Joko Triyono

Keywords:

IPv4, IPv6, pengujian kinerja, dual-stack, client-server

Abstract

Komunikasi data adalah sebuah proses yang memungkinkan dapat berkomunikasi antara komputer yang terhubung dalam sebuah sistem jaringan, dari sinilah berkembang teknologi yang disebut jaringan komputer. Komunikasi data biasa terjadi pada arsitektur jaringan komputer client – server. TCP/IP atau Transmission Control Protocol and Internet Protocol merupakan sebuah protokol yang digunakan untuk komunikasi data di komputer. Salah satu aturan TCP/IP yaitu pengalamatan pada setiap komputer yang ada di jaringan. Pengalamatan pada jaringan disebut dengan IP. IPv6 merupakan perkembangan dari IPv4. IPv6 dapat berkomunikasi dengan IPv4 yaitu dengan cara melakukan tunnel atau dual-stack pada IPv4. Penelitian ini menggunakan metode dual – stack pada web server. Dalam penelitian ini pengujian kinerja jaringan dapat diukur melalui throughput, latency, delay, dan jitter. Penelitian dilakukan pengujian tambahan yaitu pengujian waktu tampil data. Hasil pengujian diperoleh yaitu IPv4 memiliki waktu tampil data lebih cepat dari waktu tampil data IPv6. IPv6 dapat menampilkan jumlah data lebih banyak dari jumlah data yang ditampilkan menggunakan IPv4.

References

Forouzan, B. A. (2007). Data Communications and Networking, Fourth Edition. Alan R. Apt.
Francisco.S.Do.R.Xiemenes. (2013). Implementasi Server Video Streaming Melalui Jaringan IPV6. Yogyakarta: IST AKPRIND YOGYAKARTA.
Hagen, S. (2014). IPv6 Essentials, Third Edition. O'Reilly Media.
Nugraha, B. (2008). Penerapan IPV6 sebagai IP Masa Depan pada Jaringan Komputer. Yogyakarta: IST AKPRIND YOGYAKARTA.
Tabi, Y. (2010). Implementasi IP Versi 6 pada Sistem Operasi Linux ( RED HAT 9 ) untuk Konfigurasi Jaringan Peer to Peer. Yogyakarta: IST AKPRIND YOGYAKARTA.

Downloads

Published

2016-07-16

Issue

Section

Articles