IMPLEMENTASI FREERADIUS PADA JARINGAN HOTSPOT DENGAN MENGGUNAKAN MYSQL DAN EAP-TLS

Authors

  • Apolinarius Gusala
  • Suwanto Raharjo
  • Naniek Widyastuti

Keywords:

FreeRADIUS, MySQL, EAP-TLS

Abstract

Kemudahan yang ditawarkan wireless LAN menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengguna komputer guna mengakses suatu jaringan komputer atau internet. Pengunaan wireless LAN mengalami peningkatan pengunaan yang pesat. Peningkatan penggunaan ini juga di imbangi dengan peningkatan jumlah Hotspot  di tempat – tempat umum, seperti kafe, mall, bandara, di perkantoran bahkah di sekolah dan kampus. Hotspot memberikan banyak kemudahan bagi para pengguna internet karena tidak membutuhkan kabel lagi sebagai penghubung antara modem dengan client yang ingin berinternet. Ada banyak Hotspot yang tersedia di banyak tempat, tetapi tidak semua Hotspot memiliki sistem keamanan yang dapat mengatasi masalah pengguna yang tidak berhak untuk menggunakan internet.

Penelitian ini menggunakan metode FreeRADIUS, MySQL dan EAP-TLS  untuk mengatasi kelemahan sistem Wireless LAN dan sebagai protokol otentikasi username  password dan menggunakan sertifikat CA sebagai kunci keamanan  agar tidak ada lagi pengguna yang  tidak sah memakai jaringan Hotspot serta memberikan kemudahan pada sisi administrator jaringan.

Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa pengunaan  FreeRADIUS, MySQL dan EAP-TLS memberikan keamanan yang baik untuk client melalui proses otentikasi, otorisasi dan pendaftaran account secara terpusat dengan fungsi Mysql sebagai database tempat penyimpanan username dan password serta proses otentikasi sertifikat CA yang berfungsi  untuk mengamankan koneksi antara client dan server sehingga tidak ada lagi penguna internet yang tidak sah

References

Hassel, J. (2002). RADIUS Cambridge Massachusetts . O'Reilly Media.
Komputer, W. 2003. Konsep Jaringan Komputer Dan Pengembangannya. Jakarta: Salemba Infotek.
Kristanto, I. H. 2004. Konsep dan Perancangan Database. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Kusuma, A., 2007, Implementasi Roaming dan Manajement AAA, Skripsi, Jurusan Ilmu Komputer dan

Downloads

Published

2016-07-16

Issue

Section

Articles