PEMANFAATAN TWITTER API UNTUK MENGAKSES JADWAL BIMBINGAN DOSEN PADA IST AKPRIND YOGYAKARTA

Authors

  • La Ode Malik Hasan
  • Muhammad Sholeh
  • Catur Iswayudi

Keywords:

Twitter, API, Web Service, Crontab, MySQL, Sistem Informasi

Abstract

Twitter adalah sebuah situs jejaring sosial yang sedang berkembang pesat saat ini. karena dapat berinteraksi dengan pengguna lainnya dari komputer ataupun perangkat mobile. Pengguna twitter terdiri dari berbagai macam kalangan. Berdasarkan hasil survei lapangan di Institut Sains dan Teknologi AKPRIND, untuk melakukan bimbingan, mahasiswa harus mencari dosen pembimbing dan terkadang mahasiswa sulit untuk bertemu dengan dosen pembimbing dikarenakan jadwal belajar-mengajar dan kegiatan diluar kegiatan belajar-mengajar yang padat, sehingga proses bimbingan tidak sesuai dengan harapan dan jadwal bimbingan mahasiswa, Dari hasil survei maka, bagaimana menghubungkan antara media sosial twitter dengan sistem informasi, dimana twitter sebagai antarmuka untuk mahasiswa mengirim data, sedangkan sistem informasi sebagaiĀ  penerima, pengumpul dan pengelola data yang dikirim dari twitter

Penelitian ini dilakukan dengan menggabungkan teknologi antara handphone, jejaring sosial twitter dan sistem informasi berbasis PHP, MySQL, dan Web Service dengan menerapkan teknologi Crontab dan API (Application Programming Interface). Dengan menggunakan handphone dan jejaring sosial twitter sebagai antarmuka atau interface, sedangkan sistem informasi sebagai penerima, pengumpul dan pengelola data dapat dengan mudah dipahami dalam penggunaanya, penerapan aplikasi crontab pada sistem ini dapat membantu dalam memberikan respon cepat untuk setiap mention yang masuk.

Pengujian dilakukan dengan menggunakan browser desktop dan browser mobile yang bertujuan untuk menguji dan mengamati kinerja aplikasi pada crontab, serta mengamati respon balik yang dikirim dari sistem ke twitter. Setelah dilakukan pengujian, respon balik menggunakan crontab dengan waktu minimal 1 menit berjalan sesuai dengan waktu yang ditentukan, sehingga proses pengambilan data jadwal bimbingan lebih cepat, namun tidak membebani fungsional sistem.

References

Adiroho, G. (2013). Aplikasi Augmented Reality pendeteksi penggunaan twitter berbasis Android.
Eka, P. D. (2013). Aplikasi Jogja Tourism Guide Untuk Telepon Genggam Android,Skripsi. Yogyakarta: Institut Sains & Teknologi AKPRIND.
Kadir, A. (2001). Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: ANDI.
Saputra, A. (2014). API Developer Buku Sakti Para Pengembang Web.
Sutarman. (2003). Menguasai Aplikasi Web tanpa Pemrograman. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Triyono, J. (2014). Penggunaan jejaring sosial Twitter untuk pengelolaan stok bibit tanaman di assosiasi biofarmaka As-Syifa Farma Tempura kecamatan tempura kabupaten magelang, Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, edisi september 2014, lembaga penelitian Jurnal Generic, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya, Palembang, Vol.9, No 2, ISSN: 1907-4093 (print), 2087-9814 (online)
Triyono, J. (2015). Sistem Informasi agroteknologi berbasis web dan jejaring sosial Twitter, Inovasi Teknologi Berbasis Industri Kreatif, edisi Maret 2015, lembaga penelitian Industrial Engineering National Conference (IENACO), Kartasura Surakarta, ISSN 2337-4349
Twitter, 04 Maret (2016), Twitter API, https://dev.twitter.com/overview/documentation

Downloads

Published

2016-07-16

Issue

Section

Articles