SISTEM OTENTIKASI PENGGUNA JARINGAN HOTSPOTMENGGUNAKAN FREERADIUS DAN CAPTIVEPORTAL DI IST AKPRIND YOGYAKARTA

Authors

  • Bima Indra Sakti
  • Edhy Sutanta
  • Uning Lestari

Keywords:

Otentikasi Hotspot, Mikrotik, FreeRADIUS, Captive Portal, Internet.

Abstract

Peningkatan jumlah pengguna internet saat ini berdampak positif pada perkembangan media koneksi internet.Metode otentikasi yang digunakan berbeda-beda, mulai dengan menggunakan satu kata kunci (password) secara bersama dengan metode enksripsi seperti WEP, WPA, ataupun menggunakan sistem captative portal yang mengharuskan pengguna memasukan username dan password untuk menggunakan layanan hotspot. Penerapan metode ini membutuhkan software pendukung FreeRADIUS dan Captative Portal. SoftwareFreeRADIUS berfungsi sebagai media otentikasi dan otorisasi data pengguna, sedangkan Captative Portal mengarahkan pengguna ke halaman otentikasi.Sistem yang dibangun adalah otentiksi user pengguna hotspot si IST AKPRIND Yogyakarta.

Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara dan studi pustaka.Penyusunan meliputi identifikasi masalah dan analisis kebutuhanserta implementasi otentikasi user pengguna jaringan hotspotmenggunakan  FreeRADIUS. Pengujian sistem dilakukan dengan mengases layanan hotspot menggunakan SSID skripsi.net, dengan memasukkan username dan password yang telah diberikan pihak BAA setelah mahasiswa melakukan herregistrasi pembayaran.Hasil penelitian user pengguna dapat mengakses layanan hotspot menggunakan username dan password yang telah diberikan oleh BAA.

Sistem otentikasi user pengguna hotspot yang dibuat ini dapat membatasi jumlah pengguna dan meningkatkan keamanan dalam hal otentikasi. Tersentralisasinya data dan otorisasiaccount dengan penerapan username dan password untuk tiap userpengguna.

References

Hadi, S. (2012). Desain Dan Implementasi Otentikasi Jaringan Hotspot Menggunakan COOVACHILLI dan FREERADIUS Pada Linux Ubuntu 10.04 LTS.
Hanafi, M. I. (2015). Implementasi Konsep Multi-Nas Dengan Mengintegrasikan VPN SERVER DAN FREERADIUS SERVER Dalam Membangun Sistem Otentikasi Jaringan Wifi.
Hannafi. (2014). Sistem Otentiksi FreeRADIUS server Pada Jaringan WiFi.
Triambodo, D. A. (2014). Desain dan Implementasi Otentikasi Jaringan Hotspot Menggunakan OS Mikrotik dan User Manager(Study Kasus:Ginanjar-Net Billing Hotspot).

Downloads

Published

2018-01-10