ANALISIS DAN IMPLEMENTASI REVERSE PROXY SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI CLIENT SERVER MENGGUNAKAN APACHE (Studi Kasus Pada Lab. Jaringan Komputer IST AKPRIND YOGYAKARTA )

Authors

  • Ariyadi Dwi Utomo
  • Rr. Yuliana Rachmawati
  • Catur Iswayudi

Keywords:

Reverse proxy,web server apache, proxy server

Abstract

Internet di zaman postmodernis seperti saat ini bukanlah sesuatu hal lagi yang menjadi mitos perkembangan peradaban zaman pada manusia juga  dunia bahkan kedengarannya sudah sangat tak asing di telinga, baik di desa maupun di kota internet sangatlah dekat dalam kehidupan sehari-hari. Perkembangan teknologi internet ini tentu diimbangi dengan teknologi jaringan komputer yang menaungi akses internet dimanapun ia berada. Internet adalah barang komoditas bagi setiap penggunanya baik untuk mencari informasi maupun sampai keperluan berinteraksi.

Salah satu metode penyeimbang beban web dapat menggunakan reverse proxy, yaitu proxy yang memiliki maksud yang berkebalikan dengan forward proxy yaitu menjadi perantara user-user di internet terhadap akses ke web-web server yang berada pada LAN, sehingga seolah-olah user di internet mengakses langsung web server yang dimaksud padahal sesungguhnya user di internet mengakses web-web server yang terdapat di LAN melalui reverse proxy tersebut.

Kesimpulan yang diambil dari penelitian ini adalah berdasarkan perbandingan analisis hasil pengujian akses web server menggunakan media reverse proxy terjadi peningkatan waktu yang dihabiskan oleh klien terhadap akses pada web server dengan sejumlah 60% dan pengurangan beban kinerja web server dalam melayani permintaan klien menggunakan media reverse proxy sejumlah 54%, sehingga dalam pengoptimalisasi dan kestabilan akses web server dapat dinyatakan telah berhasil sesuai yang diinginkan. 

References

'Ala, F. M. (2016). "Perancangan Sistem Proxy Server Menggunakan Protokol WCCPv2 dengan Konfigurasi Multi Router". Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol.4, No.2, April 2016 (e-ISSN: 2338-0403).
Noviyanto, A. B. (2015). “Perancangan Dan Implementasi Load Balancing Reverse Proxy Menggunakan Haproxy Pada Aplikasi Web”. Jurnal JARKOM Vol. 3 No. 1 Desember 2015 Teknik Informatika, IST AKPRIND Yogyakarta ISSN:2338-6313.
Nuriba, D. (2014). ANALISIS AVAILABILITAS LOAD BALANCING PADA WEB SERVER LOKAL. TA - S1 Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro Semarang.
Prismana, I. G. (2016). Implementasi Load Balancing Pada Web Server Dengan Menggunakan Apache . Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya. Volume 5 Nomer 2 Tahun 2016.
Priyono, D. T. (2012). PEMBANGUNAN SERVER PROXY SQUID MENGGUNAKAN UBUNTU SERVER 11.10 PADA SEKOLAH TINGGI KEGURUAN ILMU PENIDIDKAN PGRI PACITA. Indonesian Journal on Networking and Security .
Sofana. (2013). Membangun Jaringan Internet. Informatika Bandung.
Sora, N. (2015, 06 14). Pengertian Proxy dan Fungsinya Serta Cara Kerjanya. Retrieved from Pengertianku: http://www.pengertianku.net/2015/06/pengertian-proxy-dan-fungsinya-serta-cara-kerjanya.html
Susilo, I. (2013). PEMBANGUNAN WEB SERVER MENGUNAKAN DEBIAN SERVER UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 SRAGEN . Indonesian Jurnal on Networking and Security.
Turman. (2017, Mei 10). Kunci Komputer. Retrieved from Kunci Komputer: http://www.kuncikomputer.com/umum/penjelasan-proxy-server-tujuan-jenis-proxy-dan-penjelasan-lainnya-terlengkap/

Downloads

Published

2018-01-10