IMPLEMENTASI SPANNING TREE PROTOCOL (STP) DALAM PERANCANGAN VIRTUAL LOCAL AREA NETWORK (VLAN)

Authors

  • Tengku Rhedza Alifyaa
  • Catur Iswayudi
  • Rr. Yuliana Rachmawati

Keywords:

cisco packet tracer, vlan, STP

Abstract

Konsep Virtual local area network (VLAN) banyak kelebihan yang dapat diperoleh dari konsep tersebut, dengan VLAN memungkinkan kita membuat banyak jaringan komputer (segmentasi) dan mendistribusikan hanya menggunakan sebuah media jalur distribusi serta mampu menghubungkan sebuah local area network (LAN) tanpa mengikuti letak geografisnya. Dengan penelitian akan dibuat sebuah rancangan jaringan baru untuk asrama Linggam Bertuah. Dari jaringan Local Area Network (LAN) ke Virtual Local Area Network (VLAN) bertujuan agar adanya sistem jaringan baru di asrama Linggam bertuah dan jaringan internet yang teratur.  Dengan menggunakan konsep Virtual Local Area Network (VLAN) didapatkan keuntungan, dimana traffic lalu lintas pada jaringan lebih baik dan meminimal terjadinya collition (tabrak) pada saat jaringan sedang sibuk. Dan dengan menggunakan Virtual Local Area Network (VLAN) pengguna internet yang umumnya berbeda area dengan VLAN lain, makan pengguna tidak bisa saling ganggu. Dalam artian pengguna yang yang berbeda VLAN akan bebas dari gangguan gangguan yang bersifat pencurian data atau sejenisnya

References

Karsono. (2013). Analaisis dan Perancangan Virtual Local Area Network Pada Rumah Sakit Sitanda. univ. Esa Unggul, Jakarta.
Setiawan, C. (2012). Spanning Tree Protocol. Jurnal Ilmu Teknik, 1.
Setiawan, F. (2011). Analisis, Perancangan dan Simulasi Virtual Local Area Network dengan Packet Tracer 5.3. Studi Kasus Rumah Sakit Panti Wakuyo Surakarta, Skripsi, STMIK AMIKOM Yogyakarta.
Sofana, I. (2011). Cisco CCNA & Jaringan Komputer, 2nd Edition. Bandung: Informatika.
Taufik, M. (2015). Belajar Cisco CCNA. In Belajar Cisco CCNA (pp. 35-42). Jakarta: ID-Networkers.
Ubaidillah, A. (2011). Simulasi Perancangan Teknologi VLAN pada SMA Negeri 4 Yogyakarta Menggunakan Packet Tracer 5.3, Skripsi, STMIK AMIKOM Yogyakarta.
Wiguna, A. W. (2013). Penerapan Spanning Tree Protocol terhadap Wide Area Network pada PT.Duta Lestari Sentratama Jakarta, jurusan teknik informatika, STIMIK Nusa Mandiri Jakarta.

Downloads

Published

2018-01-10