IMPLEMENTASI CACHE PROXY FILTERING KONTEN MENGGUNAKAN PEMROGRAMAN PERL

Authors

  • Fendhy Pamungkas
  • Rr. Yuliana Rachmawati
  • Catur Iswayudi

Keywords:

Konten, filtering, Perl, Proxy Server

Abstract

Proxy server adalah sebuah komputer atau kumpulan komputer yang diletakkan sebagai pelayanan pelanggan yang meminta pelayanan data baik dari pusat komputer yang disebut dengan server. Proxy server disebut  sebagai media cache terhadap konten dari sebuah website, squid adalah program yang saat ini paling banyak digunakan oleh administrator jaringan sebagai program dalam menjalankan proxy server. Dalam dunia pendidikan di laboratorium komputer jaringan di Institut Sains & Teknologi AKPRIND terdapat jaringan internet yang masih belum ada penanganan masalah konten internet yang diakses berulang kali sehingga membuat bandwidth internet menjadi tidak efektif dalam penggunaanya tujuan dari penelitian ini adalah melakukan penyimpanan konten yang diakses ke dalam  proxy server mengarahkan  koneksi  pengguna internet ke proxy server melakukan pemfilteran konten menggunakan pemrograman perl.

Penelitian ini dilakukan dengan proxy server, terutama dalam fungsi caching dan filtering pada proxy server tersebut dengan menggunakan pemrograman perl dan regex pada perl. Hal ini berfungsi untuk melakukan pencocokan pola yang masuk pada proxy server dan mengolah pola tersebut menjadi konten url statik sehingga dihasilkan suatu pola konten yang bisa di cache pada proxy server dan memudahkan untuk membuat refresh_pattern dalam melakukan batasan waktu konten tersebut bisa bertahan pada proxy server.

Hasil dari penelitian ini adalah presentase penggunaan proxy untuk semua protokol HTTP dan HTTPS dari penelitian dengan menggunakan pemrograman perl protokol HTTP akses loading dari jumlah total koneksi yang masuk dengan efektifitas penggunaan proxy server adalah 82%. Penggunaan pada protokol HTTPS adalah 67% Dan penggunaan koneksi tanpa menggunakan proxy sever akses loading hanya 15%  untuk protokol HTTP dan 33% untuk penggunaan koneksi tanpa menggunakan pemrograman perl pada proxy server.

References

Ahmad. (2012). Analisis dan implementasi web proxy clearos sebagai otenrikasi jaringan aminert spot. Jurnal dasi.
Arjuni, s. (2012). Perancangan dan implementasi proxy server dan manajemen bandwidth menggunakan linux ubuntu server (studi kasus di kantor manajemen pt. Wisma bumiputera bandung). Bandung: fakultas ilmu terapan, teknik komputer.
Irsyadi. (2013). Analisa kecepatan proxy squid, safesquid dan polipo pada ubuntu server. Jurnal emitor.
Mustofa, m. I. (2015). Implementasi squid proxy untuk mengontrol penggunaan internet di magistra utama semarang. E-bisnis.
Prihantoro, c. R. (2013). Otomatisasi acl squid proxy server berbasis web. Jurnal teknologi informasi.
Rachman, a. (2013). Rancang bangun proxy server dan analisis pemakaian internet dengan menggunakan sarg. Jurnal iptek.
Rudianto, d. (2003). Perl untuk pemula. Jakarta: pt elex media komputindo.
Sarjana, f. W. (2015). Analisa kinerja squid dan lusca proxy pada ipfire untuk akses konten dinamis. Electronic thesis and dissertations unsyiah.
Sutiyo, s. (2011, juli). Tproxy dan filtering sebagai metode optimasi pemakaian bandwidth internet. Portalgaruda.org.

Published

2017-07-10

Issue

Section

Articles