PERBANDINGAN MANAJEMEN BANDWIDTH MENGGUNAKAN METODE FIFO (FIRST-IN FIRST-OUT) DAN PCQ (PER CONNECTION QUEUE) PADA ROUTER MIKROTIK

Authors

  • Enggar Febriyanti
  • Suwanto Raharjo
  • muhammad Sholeh

Keywords:

Bandwidth, FIFO, PCQ, QoS, Network

Abstract

Permasalahan bandwidth yang seringkali kurang dimanfaatkan secara optimal, untuk mengatasi permasalahan bandwidth dapat dilakukan manajemen bandwidth yang bertujuan agar bandwidth dapat dimanfaatkan secara optimal. Manajemen bandwidth selain untuk memaksimalkan bandwidth yang ada juga bertujuan untuk mengatasi masalah congestion. Congestion adalah kondisi dimana data yang akan dikirim lebih besar dari kapasitas link (media) jaringan yang tersedia. Congestion ini umum terjadi jika bandwidth yang tersedia tidak cukup lagi untuk mengalirkan packet-packet yang dibutuhkan oleh user. Pengujian kinerja jaringan bisa menjadi solusi untuk mengetahui kinerja jaringan.

            Pengujian dilakukan dengan analisa parameter Quality Of Service (QOS) diantaranya delay, packet loss, jitter dan throughput. Pengujian tersebut dilakukan dalam dua metode yang berbeda, yaitu FIFO (First-in First-out) dan PCQ (Per Connection Queue). Metode yang digunakan adalah studi literature, perancangan jaringan, dan implementasi pengujian jaringan.

            Hasil pengujian kinerja jaringan dengan metode FIFO pada jam sepi diperoleh hasil dengan indeks 3.5 dan pada jam padat diperoleh hasil dengan indeks 3. Dengan Metode PCQ pada jam sepi diperoleh hasil dengan indeks 3.25 dan pada jam padat diperoleh hasil dengan indeks 3.5. Secara keseluruhan jaringan dengan kedua metode tersebut mampu bekerja dengan baik, namum setiap metode mempunyai kinerja yang berbeda pada setiap kondisinya.

References

Abdullah., 2014. Optimalisasi Bandwidth Dengan Filterisasi Menggunakan Mikrotik Routerboard. Ejournal Universitas Panca Marga, 1-12.
Ferguson, P., & Huston, G., 1998. Quality Of Service. John Wliey & Sons Inc.
Janius, D. H., 2013. ANALISIS QOS VIDEO STREAMING PADA JARINGAN WIRELESS MENGGUNAKAN METODE HTB (HIERARCHICAL TOKEN BUCKET). SiTekIn Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 1-6.
Saniya, Y., 2013. Sistem Manajemen Bandwidth Dengan Prioritas Alamat IP Client. Jurnal Mahasiswa TEUB Universitas Brawijaya, 1-6.
Tanutama, L., 1996. Jaringan Komputer. Jakarta: Elex Media Komputindo.
TIPHON., 1999. Telecommunications and Internet Protocol Harmonization Over Network (TIPHON) General aspects of Quality of Service (QoS). Jurnal, 1.
Towidjojo, R., 2016. Mikrotik Kungfu : kitab 3. Jasakom.
Wilmadi, K. A., 2013. Analisis Management Bandwidth Dengan Metode PCQ (Per Connection Queue) dan HTB (Hierarchical Token Bucket) Dengan Menggunakan Router Mikrotik. Science & Technology Journals Universitas Muhammdiyah Surakarta, 1-12.

Downloads

Published

2017-07-10

Issue

Section

Articles