OPTIMASI ROUTER UNTUK PEMBAGIAN BEBAN DAN PENANGANAN KEGAGALAN KONEKSI MULTI ISP

Authors

  • Octario Harjanto Pinanggih
  • Catur Iswayudi
  • muhammad Sholeh

Keywords:

Load Balancing, Failover, interne

Abstract

Internet, dalam perkembangannya mengalami kemajuan yang cukup pesat. Diiringi dengan pertumbuhan kebutuhan yang juga cukup signifikan, membuat permintaan akan peralatan penunjang pengaksesan internet meningkat. Tidak hanya peralatan, jalur dan cara pengaksesan pun dituntut untuk mengikuti permintaan. Pemanfaatan yang hampir tidak boleh terputus dan dituntut untuk stabil dalam kondisi apapun menjadikan koneksi internet selalu diandalkan. Kedua topic bahasan tersebut dikenal dengan Load Balancing dan Failover.

IST AKPRIND Yogyakarta merupakan kampus yang akan memanfaatkan pembagian beban dan penanganan kegagalan. Karena, dengan cara tersebut internet dapat dinikmati tanpa harus khawatir dengan beban yang tidak terbagi rata dan koneksi yang terputus akibat tidak adanya penanganan kegagalan. Pada penelitian ini, akan dibahas bagaimana konfigurasi Load Balancing dan Failover berikut juga simulasi konfigurasi beserta penerapan. Dalam pengaturan Load Balancing, digunakan metode Per Connection Classifier. Sedangkan failover menggunakan metode static routing.

Hasil penelitian yang didapatkan, beban terbagi secara merata sehingga berdampak pada kecepatan akses koneksi internet. Begitu juga dengan Failover, hasil yang didapatkan koneksi dapat berpindah secara otomatis.

References

Arianto, E. (2014). Implementasi Load Balancing Dua Line ISP Menggunakan Mikrotik RouterOS. Yogyakrta: IST AKPRIND.
Erlangga, G. (2011). Menjaga Keseterdiaan Koneksi Internet Dengan Metode Failover. Jakarta: Universitas Gunadarma.
Rijayana, I. (2005). Retrieved from Neliti.com: https://media.neliti.com/media/publications/111799-ID-teknologi-load-balancing-untuk-mengatasi.pdf
Satria, W., & Mardianto, T. (2016). Analisis Perbandingan Kinerja Redundant Link Pada Core Layer Menggunakan Virtual Router Redundancy Protocol (VRRP) dan Load Balancing. Jurnal Teknik Informatika STMIK PalComTech.
Zamzami, N. F. (2013). Implementaasi Load Balancing dan Failover Menggunakan Mikrotik RouterOS Berdasarkan Multihomed Gateway Pada Warung Internet "DIGA"

Downloads

Published

2019-01-10