ANALISA PENGUKURAN LINE RATEDAN SIGNAL NOISE TO RATIO (SNR) SEBAGAI PARAMETER UNTUK MENGETAHUI KUALITAS JARINGAN WIRELESS DI KANTOR PEMERINTAHAN KABUPATEN BUOL PROVINSI SULAWESI TENGAH

Authors

  • Fauzul Rachman Zulfikar
  • Uning Lestari
  • Catur Iswayudi

Keywords:

Kualitas jaringan wireless, Line Rate, SNR

Abstract

Jaringan wireless yang tersedia di Kantor Pemerintah Kabupaten Buol tidak selalu stabil terkadang mengalami beberapa kendala seperti lambat diakses, susah melakukan download dan upload, bahkan tidak bisa digunakan sama sekali. Jaringan wirelessmemiliki banyak kekurangan apabila berkaitan dengan faktor cuacadan kualitas dari kabel yang digunakan. Seperti yang diketahui beberapa jaringan wireless sangat rentan bila berhubungan dengan perubahan cuaca, apalagi pada saat musim hujan, air yang sangat menganggu kualitas jaringan wirelesstersebut. Kemudian kabel atau access point yang sudah tua yang dapat menurunkan kualitas kecepatan yang dapat berpengaruh besar pada kualitas jaringan internet yang digunakan.

Pengujian dilakukan dengan menggunakan software wavemon, dan speedtest.Pengujian dilakukan pada jaringan wireless Gratis yang ada  diKantor pemerintah Kabupaten Buol.

 Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan Line rate (kecepatan) dan Signal Noise to Ratio (kualitas sinyal) antara jaringan wireless yang berada didalam gedung dan diluar gedung. Pada hasil pengukuran Line Rate, perbandingan kecepatan rata-rata yang pada pengujian di dalam gedung dengan nilai 2142,71. Sedangkan kecepatan rata-rata pengujian di luar gedung dengan nilai 405,75. Pada hasil pengukuran SNR (Signal to Noise Ratio), perbandingan nilai SNR (Signal to Noise Ratio) rata-rata yang pada pengujian di dalam gedung dengan nilai 141,88 db. Sedangkan perbandingan nilai SNR (Signal to Noise Ratio) rata-rata yang pada pengujian di luar gedung dengan nilai 42,30 db. Hal ini disebabkan jarak access point lebih dekat dan tidak terhalang dinding gedung daripada pengguna yang berada diluar gedung.

 

References

Arnomo, S. A. (2014). Analisis Quality Of Signal Wifi (Qsw) Pada Jaringan Hotspot Rt/Rw Berdasarkan Jenis Halangan dan Lokasi. Batam: Universitas Putera Batam.
Fitri, N. A. (2014). Analisis Kualitas Jaringan Useetv Cable Menggunakan Kabel Tembaga Pada Pt Telkom Pontianak. Pontianak: Universitas Tanjung Pura Pontianak.
Uang, A. B., Arie, S., & Lumenta ST, M. (2013). Analisis dan Perancangan Jaringan WiMax. Manado: E-journal Teknik Elektro dan Komputer UNSRAT Manado
Nugroho, W. (2014). Optimalkan Jaringan Wireless. Jakarta: Info Komputer.
Sofana, I. (2008). Mudah Membuat Jaringan Wireless. Bandung: Informatika.
Sofana, I. (2012). Cisco CCNA dan Jaringan Komputer. Bandung: Informatika.
Sofana, I. (2013). Dalam Membangun Jaringan Komputer. Bandung: Informatika.
Tiur LH, S. (2002). Dasar-Dasar Telkomunikasi. Bandung: PT. Alumni.
Uang, A. B., Arie, S., & Lumenta ST, M. (2013). Analisis dan Perancangan Jaringan WiMax. Manado: E-journal

Downloads

Published

2019-01-10