PERANCANGAN DAN OPTIMASI KINERJA JARINGAN KOMPUTER MENGGUNAKAN METODE TOP DOWN

Authors

  • Syifa Nurul Huda
  • Catur Iswayudi
  • Prita Haryani

Keywords:

Top Down, Infrastrukture, Cisco Packet Tracer

Abstract

Kantor Pengadilan Agama Kota Cilacap sebagai Badan Pelaksana Kekuasaan Kehakiman memiliki tugas pokok untuk menerima, memeriksa dan mengadili serta menyelesaikan setiap perkara yang ada. Kinerja jaringan yang ada di Pengadilan Agama memiliki kendala lambatnya kinerja jaringan, komputer tidak dapat terdeteksi oleh komputer lain dan masih ada ruangan yang belum terdeteksi oleh jaringan. Optimasi kinerja jaringan di setiap ruangan pada Pengadilan Agama. Dengan persoalan atau masalah-masalah tools maka dilakukan penelitian untuk mengoptimalkan rancangan jaringan dengan metode Top Down menggunkan Cisco Packet Treacer.

Dalam penelitian ini optimasi kinerja jaringan menggunakan metode Top Down. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data pada penelitian antara lain metode observasi, metode wawancara dan studi pustaka. Sedangkan metode analisis yang digunakan dalam perbandingan kinerja jaringan lama dengan kinerja jaringan baru menggunakan aplikasi Cisco Packet Tracert. Optimasi jaringan dengan metode Top Down dengan menggunakan perancangan topologi jaringan dengan pengujiannya menggunakan test PING.

Perbedaan pada rancangan desain jaringan Top Down untuk merancang sebuah jaringan dengan sesuai kebutuhan dan dapat di kembangkan, optimasi perangkat jaringan hardware pada rancangan jaringan dapat mempengarui kinerja jaringan yang akan diuji dengan test PING untuk titik yang terkafer oleh jaringan. Berdasarkan hasil dari uji coba kinerja jaringan, maka kinerja jaringan di ruangan sidang 1 dan 2 sebelumnya yang tidak ada koneksi jaringannya sekarang mendapatkan koneksi jaringan.

References

Ikhsanto, M. N., & Nugroho, H.W., (2015),Analisis dan Performa dan Desain Jaringan Kompute Menggunakan Top Down Network Desain. Jurnal TIM Darmajaya. Vol 1. No. 1. Mei. hal 70 dan 81.
Oppenheimer, P.,(2011), Top Down Network Design (Third Edition).
Cisco press : United State Of America.
Saputra, A., (2015), Analisis Infrastruktur Jaringan Komputer Sistem Dapodik Pada Sma Di Kota Prabumulih Menggunakan Metode Top Down.
Ulfa, M., (2017), Top Down Network Design Dalam Perancangan Jaringan Komputer Pada Sma Negeri 1 Indralaya Selatan

Downloads

Published

2019-01-08