ANALISIS MANAJEMEN BANDWIDTH MENGGUNAKAN METODE PCQ DENGAN MIKROTIK 951Ui-2HnD

Authors

  • Lica Cantika Kurnia Dewi
  • Rr. Yuliana Rachmawati
  • Suraya -

Keywords:

manajemen bandwidth, router Mikrotik, PCQ, QoS, TIPHON

Abstract

Tempat objek yang digunakan untuk penelitian telah mempunyai koneksi internet tetapi sering kali terjadi adanya dominasi bandwidth antar client yang diakibatkan karena salah satu atau beberapa client melakukan download sehingga akan mengganggu client lain. Untuk mengatasi permasalahan dominasi bandwidth antar client yang terjadi, maka dilakukanlah pembagian bandwidth. Dengan memanfaatkan router Mikrotik 951Ui-2HnD, administrator jaringan dapat dengan mudah melakukan manajemen bandwidth terhadap komputer client yang terhubung dalam jaringan.

Teknologi yang digunakan untuk mengimplementasikannya didasarkan pada pendekatan yang disebut Quality of Service (QoS) dan disesuaikan dengan standar TIPHON. Cara kerjanya yaitu dengan mengidentifikasi lalu lintas data yang melalui jaringan.Tujuan yang hendak dicapai adalah menyeimbangkan alokasi bandwidth sesuai untuk kebutuhan client. Metode antrian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode Per Connection Queue (PCQ) dan winbox sebagai software untuk remote router. Pengujian QoS dilakukan pada konfigurasi tanpa menggunakan metode dan menggunakan metode PCQ dengan parameter QoS berupa delay, jitter, throughput dan packet loss menggunakan aplikasi Wireshark dan VLC Player sedangkan kecepatan upload dan download menggunakan speedtest.net. Pengujian saat jam sepi, pukul 06.00 - 12.00  dan jam  ramai, pukul 12.00 – 18.00.

Hasil manajemen bandwidth dengan menggunakan metode Per Connection Queue (PCQ)  terbukti merata dan hasil Quality of Service (QoS) lebih baik dibandingkan manajemen bandwidth tanpa menggunakan metode Per Connection Queue (PCQ).

References

Arifin, S. (2015). Analisis Manajemen Bandwitdh Menggunakan Hierarchical Token Bucket pada Cyberkost Internet Cafe.
Kosasih, S. (2014). Pengalokasian Bandwidth Secara Otomatis Dengan Metode Per Connection(PCQ). SNIJA.
Saptono, H. (2008). Bandwith Management. 1.
TIPHON. (1999). General aspect of Quality of Service(QoS). 1.
TIPHON. (1999). Telecommunication and Internet Protocol Harmonization Over Netwrok(TIPHON)General aspects of Quality of Service(QoS). 1.
Towidjojo, R. (2014). Mikrotik Kung Fu Kitab 3 Manajemen Bandwidth . Yogyakarta.
Wilmadi, K. A. (2013). Analisis Manajemen Badnwidth Dengan Metode PCQ & HTB Dengan Router Mikrotik.

Downloads

Published

2018-07-10

Issue

Section

Articles