ANALISIS, PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI MANAJEMEN BANDWIDTH MENGGUNAKAN QUEUE TREE PADA HOTSPOT MIKROTIK DI WISMA MUSLIM

Authors

  • Taufiqur Rohman
  • Erna Kumalasari Nurnawati
  • Erma Susanti

Keywords:

Queue Tree, Manajemen Bandwidth, Mikrotik

Abstract

Asrama Wisma Muslim adalah tempat tinggal penghuni perantauan, pelajar dan pekerja yang berada di Klitren Gondokusuman 1/568. Dalam menjalani aktifitasnya selain kerja, kuliah penghuni Asrama Wisma Muslim sangat membutuhkan teknologi internet, dan Wi-Fi adalah salah satu solusi bersama. Permasalahan yang sering terjadi adalah manajemen bandwidth pada internet tidak teratur dan bahkan terbuang sia-sia, bahkan akan membuat pengguna jaringan internet mengalami perebutan bandwidth.

Berdasarkan pada permasalahan, maka dilakukan penelitian dengan judul Analisis, Perancangan, dan Impelementasi Manajemen Bandwidth Menggunakan Queue Tree Pada Hotspot Mikrotik di Wisma Muslim. Analisis yang diperoleh pada jaringan eksis Asrama Wisma  Muslim adalah topologi Star dengan satu modem ISP Biznet dan langsung terhubung ke empat client.

Perancangan yang dilakukan adalah menggunakan satu Router Mikrotik dan Winbox untuk remote, dan empat client yang menggunakan bandwidth download 40 Mbps dan upload 50 Mbps, dari Modem ISP Biznet terhubung Router Mikrotik lalu terhubung ke empat client. Implementasi dilakukan dengan mengatur IP Address pada Mikrotik, IP Address client, IP Address hotspot, DNS, Gateway, Firewall NAT, Bridge, Hotspot Server, PCQ, dan Queue Tree. Pada pengujian dilakukan dengan kurang dari dua pengguna dan lebih dari dua pengguna untuk melihat hasil latency, download, dan upload.

References

Faisal, I,. Ahmad, F. (2018). Analisis QoS Pada Implementasi Manajemen Bandwidth Menggunakan Queue Tree dan PCQ (Per Connection Queueing). Medan. Universitas Prima Indonesia. Vol 1. Hal 141.
Firdana, A, C. Munadi, R. Widodo, R, B, C. (2012). Analisis Qos ( Quality of Service ) Layanan Video , Packet Data Dan Voice Pada Jaringan Ip Berbasis Wimax Studi Kasus Di Wilayah Bandung Timur. Bandung. Telkom University.
Hamimah. (2011). Pengembangan Sistem Jaringan LAN Menjadi Bentuk VLAN Dalam Bentuk Simulasi (Studi Kasus : PT. Mandiri Pratama Group). Jakarta: Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah. Hal 21.
Herlambang, M., L., C., dan Azis. (2008). Panduan lengkap Menguasai Router Masa Depan Menggunakan Mikrotik RouterOSTM. Yogyakarta. Andi.
Pangera, Ali A. (2008). Menjadi Administrator Jaringan Nirkabel. Andi. Yogyakarta.
Prabowo, T. Krisnadi, A. (2010). Manajemen Bandwidth Menggunakan Queue Tree Pada RT/RW Net di Dusun Sulan Kidul Patalan Jetis Bantul Yogyakarta. Yogyakarta. Amikom. Hal 13.
Priyambodo, Tri Kuntoro. (2005). Jaringan Wi-Fi, Teori dan Implementasi. Yogyakarta. Andi. Malik, A., Aksara, F, L., Yamin, L. (2017). Perbandingan Metode Simple Queues dan Queues Tree Untuk Optimasi Manajemen Bandwidth Menggunakan Mikrotik Studi Kasus Pengadilan Tinggi Agama Kendari. Sulawesi. Universitas Halu Oleo. Vol 3. Hal 7.
Sofana, I. (2012), Membangun Jaringan Komputer: Mudah Membuat Jaringan Komputer (Wire dan Wireless) Untuk Pengguna Windows dan Linux. Bandung. Informatika.
Syafrial, M. (2005). Pengantar Jaringan Komputer. Yogyakarta. Andi.
Towidjojo, R. (2016). Mikrotik Kung fu Kitab 1 . Jakarta. Jasakom.
Towidjojo, R. (2014). Mikrotik Kung Fu : Kitab 3 Manajemen Bandwidth. Jakarta. Jasakom.
Towidjojo, R. (2016). Mikrotik Kung Fu : Kitab 2. Jakarta. Jasakom.
Yugianto, G. G., & Rachman, O. (2012). Teknologi, Konsep, Konfigurasi, dan Troubleshooting. Bandung. Informatika Bandung.

Downloads

Published

2019-07-08

Issue

Section

Articles