MEMBANGUN SERVER PORTABLE BERBASIS RASPBERRY PI SEBAGAI MEDIA STREAMING

Authors

  • Yulius Orland Kristiawan
  • Joko Triyono
  • Prita Haryani

Keywords:

Plex, Streaming, Raspberry Pi, Qos, ITU-T G1010

Abstract

Perkembangan zaman digital semakin pesat, membuat kebutuhan manusia semakin bertambah, salah satu kebutuhannya adalah multimedia, kebutuhan akan multimedia diantaranya adalah menonton film, melihat video, melihat foto dan mendengarkan musik. perkembangan multimedia berjalan seiring dengan perkembangan komputer server, sekarang komputer server tidak hanya digunakan pada perusahaan atau instansi besar, tetapi juga digunakan pada perumahan atau instansi yang lebih kecil. Raspberry Pi dipilih sebagai alternatif yang digunakan dalam pembuatan server media streaming dikarenakan ukuran yang kecil sehingga mudah untuk dibawa atau dipindah, selain itu harganya yang lebih murah jika dibandingkan dengan pc server. plex media software dipilih sebagai perangkat lunak yang digunakan sebagai pengolah media streaming yang dikonfigurasi pada server.

Salah satu metode untuk menganalis performa dari Plex media server adalah menggunakan parameter Quality of Service (QoS) sehingga diketahui kriteria layanan yang diberikan oleh server sesuai dengan parameter dari QoS yang telah di tentukan nilainya. ITU-T G.1010 merupakan parameter penilaian yang telah ditentukan untuk mengukur kualitas streaming yang diberikan oleh server meliputi parameter nilai packet loss dan delay.

Dalam penelitian ini telah melakukan implementasi layanan video streaming menggunakan Plex media streaming. Pengujian lima skenario layanan streaming menurut standar Tiphone masuk kedalam kategori memuaskan, nilai packet loss dan delay yang dihasilkan sesuai dengan standar ITU-T G1010. Oleh karena itu server portable Raspberry Pi layak dijadikan sebagai server alternatif untuk media streaming

References

Arsam, Arfandi. (2014). Pembangunan Aplikasi Video Streaming Berbasis Android di STV Bandung. KOMPUTA.
B.P Yudo, U. Lestari dan A. Hamzah. (2014). Membangun Media Server Dengan Menggunakan Raspberry Pi Untuk Pengolahan Data Audio Video. Jurnal Garuda, 9.
Calvin J, Indrastanti R, Widiasari ,Radius T. (2016). Perancangan Implementasi Server Streaming Menggunakan Protokol TCP/IP dan Protokol RTMP. Jurnal Universitas Kristen Satya Wacana.
Chongyu Wei, Honglin Zhang. (2014). Applications of a Streaming Video Server in a mobile phone live streaming system. Journal of Software Engineering and Applications, 975-982.
Faizal Z, Okqi P. (2017). Implementasi Sistem Plex Media Server Berbasis Wireless Local Area Network. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Teknologi. Jakarta: SNITek.
I, S. (2011). Teori & Modul Praktikum Jaringan Komputer. Bandung: Modula.
I.S, C. (2011). BIND 9 Administrator Reference Manual. CA: Internet System Consortium.
ITU. (2018, 12 12). https://www.itu.int. Diambil kembali dari https://www.itu.int/rec/T-REC-G.1010-200111-I: https://www.itu.int/rec/T-REC-G.1010-200111-I
ITU-T. (2007, 11 07). ITU-T. Diambil kembali dari www.itu.int: https://www.itu.int/rec/T-REC-H.264
MBTech Works. (2018, 12 12). Diambil kembali dari MBTech Works: https://www.mbtechworks.com/hardware/raspberry-pi-model-comparison.html
MODMYPI. (2018, 12 12). MODMYPI. Diambil kembali dari Raspberry Pi Comparison Table: https://www.modmypi.com/blog/raspberry-pi-comparison-table
PLEX. (2018, 12 12). PLEX. Diambil kembali dari PLEX: https://www.plex.tv/
Reno Muktiaji Herdiansyah, Whyu Adi P. Dwi Fadilla K. (2014). Quality of Service Layanan Video Conference Pada Jaringan High Speed Packet Access (HSPA) Menggunakan Emulator Graphical Network Simulator (GNS3) 3.
Ristic, I. (2015). Bulletproof SSL and TLS. USA: Feisty Duck.
W.Upton, Gareth H. (2016). Raspberry Pi User Guide. Empat.
Yuli C, Imam S, Ajub A.Z. (2017). PERANCANGAN DAN PENGUKURAN KINERJA VIDEO STREAMING MENGGUNAKAN RED5 PADA MESIN VIRTUAL. TRANSMISI, 139.

Downloads

Published

2019-07-08

Issue

Section

Articles