ANALISIS KUALITAS JARINGAN WLAN BERDASARKAN KUAT SINYAL (STUDI KASUS ASRAMA ARJUNA)

Authors

  • Siyama Yakup Mubarokah
  • Rr. Yuliana Rachmawati
  • Joko Triyono

Keywords:

Access Point, Pengaruh Sinyal, Quality Of Service (QOS

Abstract

Dalam analisis kualitas jaringan WLAN berdasarkan kuat sinyal menggunakan dua perangkat laptop yang berperan sebagai server dan client, serta satu buah access point. Dengan tujuan untuk mengetahui kualitas jaringan berdasarkan kuat sinyal, hal ini perlu dilakukan agar mendapatkan kualitas jaringan yang maksimal, terutama pada perangkat yang digunakan untuk mengelola suatu kesetabilan kinerja jaringan.

Dengan menggunakan metode Quality Of Service (QOS) sesuai dengan paramater delay, packet loss dan throughput, pengujian analisis kualitas jaringan WLAN berdasarkan kuat sinyal dapat diterapkan dan mendapatkan hasil yang sesuai dengan standarisasi TIPHON untuk mengetahui hasil analisis kualitas jaringan.

Hasil dari analisis kualitas jaringan WLAN berdasarkan kuat sinyal adalah pada perbandingan delay bahwa nilai delay sebesar 65.066 ms untuk sinyal bar ke 4, 78 ms untuk sinyal bar ke 3, 114.866 ms untuk sinyal bar ke 2 dan 243.533 ms untuk sinyal bar ke 1, pada perbandingan Packet Loss bahwa nilai packet loss sebesar 0 % untuk sinyal bar ke 4, 0 % untuk sinyal bar ke 3, 0.466 % untuk sinyal bar ke 2 dan 0.633 % untuk sinyal bar ke 1, pada perbandingan throughput bahwa nilai throughput sebesar 2.586 MB/s untuk sinyal bar ke 4, 3.12 MB/s untuk sinyal bar ke 3, 1.8 MB/s untuk sinyal bar ke 2 dan 1.967 MB/s untuk sinyal bar ke 1 dan pada perbandingan jarak dapat diketahui perbandingan jarak antar tiap bar cukup signifikan, semakin jauh jarak antara client dengan access point maka akan mempengaruhi kualitas jaringan, semakin dekat jarak antara client dengan access point akan lebih bagus kualitas jaringan.

References

Alfiansyah Shulkhan M, (2017). Analisis Kinerja Jaringan Wireless Access Point Frequensi 2.4 Ghz Terhadap Interferensi Sinyal. Yogyakarta: IST Akprind.
Kustanto dan Daniel T. Saputro, (2015). Belajar Jaringan Komputer Berbasis Mikrotik OS.
Romadhon. (2014). Analisis kinerja jaringan wireless dengan menggunakan metode QoS dan RMA pada PT Pertamina RP Ubep Ramba (persero). Universitas Binadharma. Palembang..

Downloads

Published

2019-07-08

Issue

Section

Articles