IMPLEMENTASI SECURE SOCKET LAYER PADA REAL-TIME VIDEO SURVEILLANCE MENGGUNAKAN ZONEMINDER DAN APACHE WEBSERVER

Authors

  • Nanda Adi Pratama
  • Joko Triyono
  • Catur Iswayudi

Keywords:

SSL, Zoneminder, video surveillance, real-time, transmisi data

Abstract

Keamanan merupakan aspek yang sangat penting bagi jalannya pertukaran data dalam video surveillance. Pada umumnya data video surveillance yang dikirim hanya ditunjukan bagi pihak-pihak tertentu saja. Suatu data harus sampai pada pihak yang berhak dengan kerahasiaan yang tetap terjaga, tanpa harus diketahui oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan. Oleh karena itu untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan data video surveillance, perlu adanya metode enkripsi data, yang merupakan ilmu untuk menyembunyikan informasi dari pihak ketiga. 

Salah satu metode yang cukup handal dalam mengamankan transmisi data secara real-time adalah SSL (Secure Socket Layer). SSL dapat diimplementasikan pada webserver yang memiliki public hosting. Pada penelitian ini, akan diimplementasikan Zoneminder video surveillance system pada webserver, kemudian SSL akan melakukan enkripsi pada transmisi data antara server Zoneminder dan client.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa video surveillance yang terlindungi SSL, aman dari tindakan packet sniffing dan hasil perbandingan peforma tidak menunjukkan hasil yang signifikan.

References

Illyan, D. F., Nasution, S. M., dan Siswo, A. 2016. Pengamanan Data Video Surveillance Secara Real-Time Menggunakan Video Encryption Algorithm. e-Proceeding of Engineering Vol. 3, No. 2, 2016.
Pranata, H. Abdillah, L.A. Ependi, U. 2015. Analisis Keamanan Protokol Secure Socket Layer (SSL) Terhadap Proses Sniffing di Jaringan. Student Colloquium Sistem Informasi & Teknik Informatika. Agustus 2015.
Widyantara,I. M. O. Wedanti, N. U. dan Swamardika, I. B. A. 2015. Desain dan Implementasi Aplikasi Video Surveillance System Berbasis Web-SIG. Jurnal Teknologi Elektro Vol. 14, No. 1, 2015.
Wulandari, R. 2016. Analisis QoS (Quality of Service) Pada Jaringan Internet (Studi Kasus : UPT Loka Uji Teknik Penambangan Jampang Kulon – Lipi). Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Vol. 2, No. 2, 2016.
Yong-Hua, X., Wan S.Y., He Y., dan Su D. 2013. Design and Implementation of a Prototype Cloud Video Surveillance System. Journal of Advanced Computational Intelligence and Intelligent Informatics Vol. 18, No. 1, 2013.

Downloads

Published

2019-07-08

Issue

Section

Articles