PERANCANGAN DAN MANAJEMEN JARINGAN HOTSPOT MENGGUNAKAN CAPTIVE PORTAL DI KANTOR MECCATLARENTCAR CITY TOUR

Authors

  • Khaidir Bin Mahdi
  • Rr. Yuliana Rachmawati
  • Catur Iswayudi

Keywords:

Internet, Hotspot, Captive Portal, Bandwidth

Abstract

Pengelolaan jaringan hotspot yang tidak teratur merupakan kendala pada pengguna hotspot ketika mengakses jaringan yang salah satunya pemakain password yang dapat di pakai secara bersama-sama. Permasalahan utama pada jaringan yang telah ada di Kantor Meccaylarentcar City Tour berupa pengawasan pengguna hotspot (pemakai internet) terhadap akses jaringan serta gangguan saat satu password digunakan secara bersama sehingga server yang diakses mengalami kelambatan maka diperlukan penelitian untuk mengindentifikasi jaringan hotspot yang telah ada. Subjek dalam penelitian ini adalah rancang bangun hotspot menggunakan captive portal.

Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, motode studi literatur. Sistem yang dibangun adalah captive portal menggunakan routerboard mikrotik. Penyusunan meliputi dengan prosedur antara identifikasi masalah, analisis kebutuhan, perancangan jaringan, perancangan sistem serta implementasi jaringan hotspot menggunakan motode captive portal.sedangkan pengujian sistem dilakukan dengan browser mozila firefox.

Hasil penelitian dapat bekerja dengan optimal pada rancang bangun sistem hotspot menggunakan captive portal dan sistem yang mampu meningkatkan keamanan akses jaringan di Kantor Meccaylarentcar City Tour, sehingga mempermudahkan admin dalam memantau kegiatan  pengguna yang sedang memakai jaringan hotspot. Berdasarkan hasil uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa sistem captive portal dapat diterapkan pada sistem hotspot di Kantor Meccaylarentcar City Tour.

References

Barken, L. (2012). Wireless Hacking: Projects for Wi-Fi Enthusiasts: Cut the cord and discover the world of wireless hacks! Rocklang: Syngress Publisher.
Cahyo, F.N. (2014). Rancangan bangun rt/rw net hotspot sistem dengan mikrotik router os sebagai manajemen billing. Semarang: stekom.
Cahyono & Wahyudi, (2016). Sistem Keamanan Dan Optimalisasi Bandwidth Menggunakan Mikrotik RB750 di PT Pupuk Kaltim. Naskah Publikasi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.
Fickenger, R. (2012). Wireless Hacks: Tips & Tools for Building. Extending, and Securing Your Network. Sebastopol: RepKover.
Kusuma, A., I. R., & Wallem, T. (2012). Perancangan Dan Analisis External Wireless Roaming Pada Jaringan Hotspot mengunakan dua jaringan mobile Broadband. Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan, 6-13.
Mardiyana, I. (2015). Keamanan jaringan dengan Firewall filter berbasis mikotik Pada Laboratorium Komputer STIKOM Bali. Naskah Publikasi STIKOM Bali.
Solikin, I. (2017). Pengembangan Sistem Keamanan Jaringan Komputer Barbasis Mikrotik Pada SMK Negeri 1 Indralaya Utara. Naskah Publikasi STIMIK STIKOM Bali.
Towidjojo, (2016). Internet wireless Dan hotspot. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Towidjojo, (2016). 10 Jam belajar Internet ,teknologi. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Willis, P. (2008). Carrier-Scale IP Network: Designing and Operating Internet
Network. London: The Institution Of Engineering and Technology.

Downloads

Published

2020-01-03