PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI MONITORING SERVER OWNCLOUD

Authors

  • Jefrianto Tafonao
  • Erfanti Fatkhiyah
  • Rr. Yuliana Rachmawati

Keywords:

Monitoring, Server, Network, Cacti, Owncloud Server

Abstract

Semakin meningkatnya ukuran dan jumlah perangkat jaringan akan semakin kompleks masalah pada jaringan sehingga diperlukan adanya pengawasan terus-menerus untuk menjamin ketersediaan availability layanan. Cacti (Comman Agricurtural Customs Transmision of Information) merupakan salah satu software yang digunakan untuk keperluan monitoring yang banyak digunakan saat ini.

   Cacti menyimpan semua data atau informasi yang diperlukan untuk membuat grafik dan mengumpulkannya dengan database MySql. Kemudian dilakukan pengujian untuk mengetahui tampilan dan fungsi dari monitoring yang dibuat dan pengujian juga dilakukan terhadap aplikasi untuk mengetahui keakuratan. Hasil pengujian monitoring pada Server OwnCloud menunjukkan bahwa monitoring Cacti yang dibuat memiliki keakuratan dalam memonitoring Logged User, Ping Latency, Load Avarage, Monitoring Usage, dan disk space.

References

Admaja, H. 2017. “Network dan Server Monitoring”
https://www.softbless.com/Network-Server-Monitoring diakses tanggal 29 Juli 2019
Ariata. 2019. “Pengertian Apache Serta Kelebihan dan Kekurangannya”. https://www.hostinger.co.id/tutorial/apa-itu-apache/ diakses tanggal 29 Juli 2019
Harli, E. 2016. “Pemilihan Network Monitoring System Berdasarkan Kajian Efektifitas Sistem Informasi dengan Pendekatan AHP : Studi Kasus pada PT. TUV. Jurnal Edukasi dan Penelitian Teknologi Vol. 02 No 01.
Hardiansyah, D. 2018. “Pengertian Cacti”
http://www.derishardiansyah.web.id/2018/01/pengertian-cacti.html diakses tanggal 29 Juli 2019
Hamdan, R. 2016. “Pengertian dan Fungsi OwnCloud”. Malang : Informatika
Hiddayatullah, Jauhari. P., & Kawistara. K. (2015). “Pemograman Web”. Bandung : Informatika
Ikhsanto, N. M., & Nugroho, W. H. 2015. “Analisis Performa dan Desain Jaringan Komputer Menggunakan TOP-DOWN Network Desain Studi Kasus pada CV. Merah Putih. Jurnal Tim Darmajaya Vol. 01 No. 01.
Oetiker, T. 2019. “RRDtool – Round Robin Database Tool”. https://www.caida.org/tools/utilities/rrdto diakses tanggal 29 Juli 2019
Syafitri, I. 2019. “Pengertian PHP Beserta Fungsi dan Sejarah PHP”. https://www.nesabamedia.com/pengertian-php-dan-fungsinya/ diakses tanggal 29 Juli 2019
Taftazanie, S., Prasetijo, A. B., & Widianto, D., E. 2017. “Aplikasi Pemantau Perangkat Jaringan Berbasis Web Mengunakan Protokol SNMP dan Notifikasi SMS”. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer. Vol 5(2) No 62-68.
Yusriel, A. 2015. “Simple Network Monitoring Procol Untuk Memonitor Trafic User”. Jurnal SMATIKA vol. 05.

Downloads

Published

2020-01-03