MANAJEMEN BANDWIDTH MENGGUNAKAN METODE SIMPLE QUEUE & QUEUE TREE DENGAN TIPE PENJADWALAN PCQ PADA HOTSPOT MIKROTIK WISMA MUSLIM

Authors

  • Inggar Prihartini Eka Putri
  • Joko Triyono
  • Edhy Sutanta

Keywords:

Simple Queue, Queue Tree, PCQ, , Manajemen Bandwidth, Mikrotik.

Abstract

Wisma Muslim sebagai hunian yang menyediakan fasilitas hotspot, dalam pengelolaan jaringannya masih memerlukan manajemen bandwidth dan juga keamanan mikrotik untuk meminimalisir serangan terhadap mikrotik. Penelitian ini menerapkan metode simple queue dan queue tree dengan tipe penjadwalan PCQ. Pengujian dilakukan selama 5 hari dengan menggunakan 10 client pada kapasitas bandwidth sebesar 10 Mbps. Pengujian dilakukan dengan aktivitas video streaming. Peningkatan keamanan juga dilakukan dengan menerapkan limit youtube, single connection dengan IDM, disable port, ubah port, available from, dan allowed address pada  mikrotik. Parameter QoS yang digunakan adalah throughput, delay, packet loss, dan jitter. Dari hasil pengujian menggunakan manajemen bandwidth simple queue nilai rata-rata indeks yang didapatkan sebesar 3 dan dalam kategori memuaskan. Sementara untuk manajemen bandwidth menggunakan queue tree nilai rata-rata indeks yang didapatkan sebesar 2,75 dan dalam kategori kurang memuaskan. Penerapan fitur keamanan juga membatasi penggunaan bandwidth dan hak akses ke mikrotik

References

Mahardika, B, Yuha., Sugiantoro, Bambang., (2017). Analisis Quality Of Service Jaringan Wireless Sukanet Wifi Di Fakultas Sains Dan Teknologi Uin Sunan Kalijaga. Jurnal Teknik Informatika, Vol. 10, No. 2, 2017.
Mardiyana, I., G. (2015). Keamanan Jaringan Dengan Firewall Filter Berbasis Mikrotik Pada Laboratorium Komputer STIKOM Bali.
Rohman, T. (2019). Analisis, Perancangan Dan Implementasi Manajemen Bandwidth Menggunakan Queue Tree Pada Hotspot Mikrotik Di Wisma Muslim. Skripsi. IST AKPRIND Yogyakarta.
Siyamto, Yuli (2018). Analisis Kualitas Layanan Jaringan WLAN Dengan Metode QoS Pada Taman Internet Kota Batam. Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI), Sekolah Tinggi Teknik Ibnu sina – Batam,Vol. 3, No. 2, 2017.
Susanto, H. (2014).Wireless Kung Fu: Networking & Hacking Edisi 2015. Jakarta. Jasakom.
TIPHON. 1999. Telecommunications and Internet Protocol Harmonization Over Network (TIPHON) General aspect of Qoality of Service (Qos). DTR/TIPHON-05006 (cb001cs.pdf).
Towidjojo, R. (2016). Mikrotik Kung Fu : Kitab 1 . Jakarta. Jasakom.

Downloads

Published

2020-01-03