PERANCANGAN JARINGAN KOMPUTER LOKAL MENGGUNAKAN MODEL HIERARKI DI KAMPUS 1 INSTITUT TEKNOLOGI YOGYAKARTA

Authors

  • Frengky Novrian
  • Catur Iswayudi
  • Prita Haryani

Abstract

Konsep jaringan internet yang terpasang pada kampus Institut Teknologi Yogyakarta belum memiliki interkoneksi antara kampus 1, 2, 3 dan 4 dan jaringan komputer lokal yang belum memenuhi kebutuhan kampus. Tentunya hal itu tidak baik dan dapat mempengaruhi kinerja kampus. Terhubungnya antar kampus 1, 2, 3 dan 4 dan perancangan jaringan komputer lokal diharapkan dapat meningkatkan kecepatan kinerja dalam bertukar dan mengirim data didalam kampus 1 dan antar kampus dan meningkatkan kinerja operasional kampus Institut Teknologi Yogyakarta.

            Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, studi kepustakaan, wawancara dan metode eksperimen. Sistem yang dibangun adalah perancangan jaringan komputer lokal menggunakan model hierarki. Penyusunan meliputi dengan prosedur antara identifikasi masalah, analisis data, perancangan interkoneksi, perancangan arsitektur jaringan, perancangan logical dan perancangan topologi fisik. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa analisis data koneksi jaringan di Kampus 1 Institut Teknologi Yogyakarta dan estimasi interkoneksi antar kampus.

            Hasil dari simulasi perancangan jaringan komputer lokal ini didapatkan nilai rata-rata tertinggi dari Round Trip Time sebesar 11,2 ms. Kemudian untuk nilai rata-rata Packet Loss dalam pengujian simulasi ditemukan index nilai 0% atau sama dengan “Sangat bagus”, hasil ini disebabkan karena pengujian hanya dilakukan dengan simulasi. Sedangkan untuk nilai rata-rata Time To Leave sebesar 126,6 ms.

References

Fahmi, H. (2018). Analisis QOS (Qualiti Of Service) Pengukuran Delay, Jitter, Packet Loss Dan Throughput Untuk Mendapatkan Kualitas Radio Streaming Yang Baik. Jurnal Teknologi Informasi Vol.7. N0.2, Hal 98-105.
Ginanjar, H. A. (2016). Analisis Dan Perancangan Jaringan Hotspot Server Berbasis Mikrotik Di Gedung Sekolah Smp Negeri 21 Semarang. Universitas Muhammadiyah Surakarta .
Gunarjo, K. (2016). Perancangan Dan Implementasi Jaringan Wireless Local Area Network (Wlan) Antar Gedung Di Smk Muhammadiyah Imogiri . Universitas Pgri Yogyakarta , 3-4.
Hidayat, A. (2017). Rancang Bangun Sistem Jaringan Menggunakan Mikrotik Pada Novilla Boutique Resort. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Atma Luhur Pangkal Pinang.
Inawa, S. (2015, Mei 3). Perancangan Jaringan Komputer Menggunakan Metode PPDIOO. Retrieved From Metode-Perancangan-Jaringan-Komputer-Menggunakan-Metode-Ppdioo/: Https://Sofyaninawan.Wordpress.Com
Iswahyudi, C. (2016). Perancangan Manajemen Jaringan. Yogyakarta: Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta.
Munandar, U., & Gunawan, D. (2015). PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI JARINGAN KOMPUTER DENGAN STUDI KASUS DI SMK MUHAMMADIYAH 2 SRAGEN. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.
Nugraha, D. P. (2017). DESAIN JARINGAN WIFI UNTUK WILAYAH RELOKASI DAMPAK BANDARA KULON PROGO GUNA MEWUJUDKAN CYBER CITY YOGYAKARTA . INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA .
Oris K, M. I., & Muhammad. (2015). Model Hierarki Network Dengan Menggunakan Spanning Tree Protocol (STP) Dan Hot Standby Router Protocol (HSRP). Universitas Negeri Medan.
Ramadan, D. S., & Mubarakah, N. (2015). PERANCANGAN JARINGAN LAN PADA GEDUNG PERKANTORAN DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE CISCO PACKET TRACER . Universitas Sumatera Utara.
Risnanta, R. A. (2017). ANALISIS DAN PERANCANGAN JARINGAN KOMPUTER BERBASIS VLAN STUDI KASUS DI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA POLDA DIY . INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA .
Solikin, I. (2017). Penerapan Metode PPDIOO Dalam Pengembangan LAN Dan WLAN . Universitas Bina Darma, Palembang.
TIPHON, S. (1999). Telecomunication And Internet Protocol Harmonization Over Network General Aspects Of Quality Of Service(Qos). Newyork.
Yogantara, W. A. (2018). PERANCANGAN JARINGAN WIRELESS LOCAL AREA NETWORK PADA DINAS PEMERINTAH KOTA SEMARANG. Universitas Dian Nuswantoro.

Downloads

Published

2020-01-03