PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM MONITORING JARINGAN WI-FI MENGGUNAKAN MIKHMON ONLINE DI WISMA MUSLIM KLITREN GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA

Authors

  • Tomy Alif Mustofa
  • Edhy Sutanta
  • Joko Triyono

Keywords:

Perancangan, Mikhmon, Monitoring, Hotspot,Mikrotik

Abstract

Salah satu bentuk nyata perkembangan teknologi dalam jaringan komputer adalah berkembangnya media komunikasi yang semula menggunakan media kabel (wired) menjadi jaringan komunikasi tanpa kabel (nirkabel) dengan memanfaatkan gelombang radio. Teknologi jaringan nirkabel yang sering digunakan saat ini adalah Wi-fi (Wireless-Fidelity). Wisma Muslim adalah tempat tinggal bagi perantau, pelajar, dan pekerja yang berada di Klitren Gondokusuman 1/568. Dalam menjalani aktifitasnya selain kerja, sekolah atau kuliah, penghuni Wisma Muslim sangat membutuhkan koneksi internet.

Wisma Muslim menggunakan Wi-Fi untuk menyediakan koneksi internet untuk para penghuninya. Koneksi tersebut digunakan untuk banyak kegiatan, seperti browsing, streaming, gaming, downloading, dan masih banyak lagi. Permasalahan pada koneksi internet menggunakan Wi-fi di Wisma Muslim adalah proses monitoring jaringan internet dilakukan secara manual. Proses ini dapat dilakukan untuk menambah, merubah ataupun menghapus pengguna dan maupun hotspot serta memantau kecepatan transfer data. Proses-proses tersebut hanya bisa dilakukan di dalam ruang kontrol, sehingga proses monitoring dirasa kurang praktis.

Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini mengembangkan sistem monitoring jaringan wi-fi di Wisma Muslim. Sistem dikembangkan dengan memanfaatkan aplikasi Mikhmon. Dengan menggunakan aplikasi yang dikembangkan, proses pemantauan dapat dilakukan secara online, dari mana saja, kapan saja.

References

Anwar, K. (2015). “Konfigurasi VPN Pada Router Mikrotik”
Aribu, J. B. (2016). “Perancangan Jaringan Hotspot Menggunakan Mikrotik RB951UI-2HnD dan MODEM HUAWEI 3231”.Teknik Informatika, STIMIK AKAKOM Yogyakarta.
Idrus, A. (2016). “Sistem Monitoring Jaringan PT. Exhibition Network Indonesia Dengan The Dude Berbasis Mikrotik”. Informatics for Educators and Professionals. 1(1): 84 – 93
Ivana, N. (2017). “Analisis Perbandingan Kualitas Jaringan Multiple Service Set Identifier Dengan Access Point Dan Virtual Access Point Pada Satu Interface Wireless Mikrotik”. Yogyakarta: IST AKPRIND.
Rinaldo. R. (2016). “Implementasi Sistem Monitoring Jaringan Menggunakan Mikrotik Router OS di Universitas Islam Batik Surakarta”. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Rohman, T. (2019). “Analisis, Perancangan Dan Implementasi Manajemen Bandwidth Menggunakan Queue Tree Pada Hotspot Mikrotik Di Wisma Muslim“.Yogyakarta: IST AKPRIND.
Sokibi, P. (2017). “Perancangan Sistem Monitoring Perangkat Jaringan Berbasis ICMP dengan Notifikasi Telegram”. Cirebon: STMIK CIC
Sukaridhoto, S. (2014). "Buku Jaringan Komputer 1, Politeknik Elektronik Negeri Surabaya".
Sutarti, Alfiyansyah A. (2017). “Analisis dan Implementasi Sistem Monitoring Koneksi Internet Menggunakan The Dude Di STIKOM Al Khairiyah”. Banten: Universitas Serang Raya
Syafrizal, M. (2005). "Pengantar Jaringan Komputer". Yogyakarta.
Towidjojo, R. (2012). “Mikrotik Kung Fu : Kitab 1”. Jakarta: Jasakom.
Towidjojo, R. (2012). “Mikrotik Kung Fu : Kitab 2”. Jakarta: Jasakom.
Towidjojo, R. (2013). “Mikrotik Kung Fu : Kitab 3”. Jakarta: Jasakom.
Towidjojo, R. (2016). “Mikrotik Kung Fu : Kitab 4”. Jakarta: Jasakom.
Towidjojo, R. (2019). “Mikrotik Kung Fu : Kitab 1 (Edisi 2019)”. Jakarta: Jasakom.

Downloads

Published

2020-01-02