ANALISIS KINERJA RELAI ARUS LEBIH TERHADAP ARUS GANGGUAN PADA TRANSFORMATOR 60 MVA DI GARDU INDUK 150 KV KENTUNGAN

Authors

  • Nhimas Sasanti Ariningrum
  • Slamet Hani
  • Prastyono Eko Pambudi

Keywords:

Sistem Proteksi, Transformator, Relai Arus Lebih, Arus Gangguan, Gardu Induk

Abstract

Kehidupan masyarakat modern saat ini sangat bergantung kepada energi listrik. Dibutuhkan energi listrik yang stabil dan berkualitas, terutama pada konsumen rumah-rumah penduduk yang menggunakan listrik dalam kesehariannya. Transformator daya merupakan suatu peralatan yang sangat vital yang berfungsi menyalurkan daya listrik dari tegangan  tinggi ke tegangan rendah atau sebalikya dan  tak pernah lepas dari gangguan. Adanya gangguan yang terjadi pada transformator dapat menghambat proses penyaluran energi listrik ke konsumen. Oleh karena itu sistem proteksi yang handal sangat dibutuhkan untuk melindungi transformator dari gangguan. Relai arus lebih merupakan salah satu relai proteksi cadangan yang digunakan transformator yang ada pada Gardu Induk 150KV Kentungan. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu, menganalisa pengaruh arus gangguan terhadap waktu kerja OCR serta kehandalan OCR. Kemudian tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja relai arus lebih sebagai relai cadangan dalam melindungi transformator.

Penelitian ini menggunakan metode deskripsi presentase kehandalan untuk mengetahui nilai kehandalan OCR, serta menggunakan formula TMS (Time Multiplier Setting) untuk menentukan waktu kerja OCR.

Penelitian ini memberikan hasil bahwa besar arus gangguan 4106 A dan arus lebih yang mengalir pada transformator sebesar 162,513 A, sehingga diperoleh waktu kerja OCR sebesar 0,509 detik serta diperoleh nilai kehandalan OCR sebesar 100%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, I. (2009). Analisa Setting Relai Arus Lebih dan Relai Gangguan Tanah pada Penyulang SADEWA di GI Cawang. Depok: Universitas Indonesia.
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek : Edisi kelima cetakan ke-12. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek : Edisi kelima cetakan ke-13. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Aryanto, T. (2013). Frekuensi Gangguan Terhadap Kinerja Sistem Proteksi Gardu Induk 150 KV. Skripsi.
Harsono, H. D. (2014). Studi Pengaruh Beban Lebih Terhadap Kinerja Relay Arus Lebih Pada Transformator Daya Di Gardu Induk Pedan Menggunakan ETAP. Yogyakarta.
Hutauruk, T. (1991). Pengetanahan Netral Sistem Tenaga & Pengetanahan Peralatan. Jakarta: Erlangga.
PT., P. (2009). Himpunan Buku Petunjuk Batasan Operasi dan Pemeliharaan Peralatan Penyaluran Tenaga Listrik. Transformator Tenaga, (No. Dokumen : 1-22 / HARLUR - PST/2009). Jakarta Selatan.
Putra, M. A. (2017). Analisis Gangguan Terhadap Kinerja Sistem Proteksi . Tugas Akhir.
Rosidi, H. R. (2010). Rele Arus Lebih/OCR dan GFR Sebagai Proteksi Trafo dan Penyulang Pada GI 150 KV Krapyak. Semarang: Universitas Diponegoro.
Sutarti. (2010). Analisis Perhitungan Setting Arus dan Waktu paada Relay Arus Lebih (OCR) Sebagai Proteksi Trafo Daya di Gardu Induk Cawang Lama Jakarta . Riau: Sekolah Tinggi Teknologi Indragiri.
Taqiyyudin, M. (2006). Proteksi Sistem Tenaga Listrik. Malang: Universitas Islam Malang.

Downloads

Published

2019-10-15

How to Cite

Ariningrum, N. S., Hani, S., & Pambudi, P. E. (2019). ANALISIS KINERJA RELAI ARUS LEBIH TERHADAP ARUS GANGGUAN PADA TRANSFORMATOR 60 MVA DI GARDU INDUK 150 KV KENTUNGAN. Jurnal Elektrikal, 5(2), 17–25. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/elektrikal/article/view/2607

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>