PEMELIHARAAN TRANSFORMATOR DAYA 60 MVA DI GARDU INDUK BANTUL 150 KV DAN ANALISIS MINYAK TRANSFORMATOR DENGAN MENGGUNAKAN DISSOLVED GAS ANALYSIS (DGA)

Authors

  • Reinaldo Soriano Teles
  • Wiwik Handajadi
  • Slamet Hani

Keywords:

transformator, DGA, analisis minyak

Abstract

Pada gardu induk dapat terjadi gangguan yang dapat menyebabkan kegagalan transformator. Hal ini diperlukan untuk perawatan dan pemeliharaan transformator daya, satu dengan pengujian minyak transformator yaitu transformator pemeliharaan, pengujian dan pengujian DGA transformator tegangan tembus isolasi minyak. Pengujian ini dilakukan untuk menentukan apakah ada kelainan pada transformator. Uji DGA analisis kondisi transformator dilakukan berdasarkan jumlah gas terlarut dalam minyak transformator. Dalam penelitian ini penggunaan dan pemeliharaan analisis minyak transformator daya menggunakan DGA. Setelah pengujian ada beberapa gas yang terdeteksi adalah: nitrogen, karbon monoksida, karbon dioksida, etilena, etana dan TCG.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Balint Nemeth et al,” Condition Monitoring of Power Transformers using DGA and Fuzzy Logic” IEEE Electrical Insulation Conference, Montreal, Canada, 31 May-3 June 2009.

Dhlimini, Sizwe Magiya. “Tansformator Diagnosis Using Artificial Intelilligent and Dissolved Gas Analysis”. University of the Witwatersrand, 2007.

K.M.Gradnik, “Physical-Chemical Oil Tests, Monitoring and Diagnostic of Oilfilled”.

Muhammad Faisal, ‘Menganalisis jenis kegagalan transformator dengan menggunakan metode Roger’s ratio berdasrkan hasil uji DGA (Dissolved Gas Analysis”, 2007.

Samuel Panggabean, “Analisa pengaruh suhu terhadap kekuatan dilektrik berbagai isolasi cair transformator”, 2008.

Yustinus Pranata, “Analisis keadaan minyak isolasi transformator daya 150 kV menggunakan metode Dissolved Gas Analysis (DGA) dan Fuzzy Logic”, 2012.

Rahmat Hardityo, “Analisa deteksi dan hasil indikasi kegagalan minyak transformator”, 2008.

- IEC 60599, “Mineral Oil-Impregnated Electrical Equipment in Service”. Edition 2.1. 2007.

- IEEE Power & Energy Society, “IEEE Guide For the Interprettation Of Gases”, 2009.

- Generated in Oli-Immersed Transformer”. Revision of IEEE Std C57.104-1991. New York.

- Transformers” Proceedings of 14th International Conference on Dielectric Liquids, Austria, July 2002.

- Karl Fischer. Teori tentang banyaknya air yang mengotori minyak pengujian dilakukan untuk mengetahui seberapa kadar air yang terlarut dalam minyak isolasi.

Arismunandar, Artono, “Teknik Tegangan Tinggi”, 1975

Downloads

Published

2019-10-15

How to Cite

Teles, R. S., Handajadi, W., & Hani, S. (2019). PEMELIHARAAN TRANSFORMATOR DAYA 60 MVA DI GARDU INDUK BANTUL 150 KV DAN ANALISIS MINYAK TRANSFORMATOR DENGAN MENGGUNAKAN DISSOLVED GAS ANALYSIS (DGA). Jurnal Elektrikal, 2(1), 95–108. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/elektrikal/article/view/2601

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>