PENGKLASIFIKASIAN INDEKS KEYAKINAN KONSUMEN DI INDONESIA TAHUN 2022 MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE
DOI:
https://doi.org/10.34151/statistika.v9i2.4852Keywords:
Indeks Keyakinan Konsumen, Kernel RBF, Kernel Polinomial, Cost, GammaAbstract
Indeks keyakinan konsumen (IKK) adalah salah satu indikator utama dalam menilai kinerja perekonomian. IKK memberikan indikasi perkembangan konsumsi dan tabungan rumah tangga di masa mendatang, berdasarkan jawaban mengenai situasi keuangan yang mereka harapkan, sentimen mereka tentang situasi ekonomi secara umum, pengangguran dan kemampuan menabung. Survei Konsumen Februari 2023 mengindikasikan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi, hal tersebut terindikasi dari Indeks Keyakinan Konsumen Februari 2023 sebesar 122.4, tetap terjaga pada level optimis (IKK > 100). Data yang digunakan adalah data 18 kota/provinsi yang berada di Indonesia yang bersumber dari Bank Indonesia (BI) yang diakses pada bulan Februari tahun 2023. Pada penelitian kali ini menggunakan dua kernel dari metode Support vector machine yaitu kernel RBF dan kernel Polinomial untuk melakukan pengklasifikasian terhadap indeks keyakainan konsumen pada tahun 2022, dengan membagi data ke dalam tiga proporsi yaitu 60:40, 75:25, dan 80:20 dan dilakukan tiga kali pengacakan untuk data training yaitu set.seed (159, 57 dan 143) serta dengan menggunakan nilai cost sebesar 0.1, 1, 10 dan 100. Dengan Gamma 1 serta nilai derajat parameter sebesar 2 dan dilakukan pengacakan akurasi kembali untuk data testing sebanyak tiga puluh kali diperoleh nilai interval akurasi untuk RBF yaitu 88.01% sampai 88.92%, Jadi dapat disimpulkan bahwa akurasi kernel RBF sedikit lebih bagus dibandingkan kernel polinomial yang memiliki nilai sekitar 87.36%.