PREDIKSI KLASIFIKASI MAHASISWA BARU TAHUN 2022 IST AKPRIND YOGYAKARTA BERDASARKAN LATAR BELAKANG PEMILIHAN PERGURUAN TINGGI MENGGUNAKAN METODE BACKPROPAGATION DAN SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM)
DOI:
https://doi.org/10.34151/statistika.v8i2.4457Keywords:
Mahasiswa Baru, Latar Belakang, Backpropagation, Support Vector MachinesAbstract
Pendidikan saat ini merupakan masalah yang selalu mendapat perhatian bagi bangsa Indonesia. Hal ini disebabkan peningkatan mutu pendidikan yang berkaitan erat dengan kualitas manusia Indonesia. Pendidikan tinggi merupakan kelanjutan pendidikan menengah yang diselenggarakan untuk menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademi atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian. Maka dari itu, calon mahasiswa baru akan memilih perguruan tinggi yang diminatinya. Dalam memilih perguruan tinggi terdapat beberapa faktor, yaitu atas dasar keinginan sendiri atau mendapatkan dorongan orang lain untuk memilih perguruan tinggi tersebut. Objek penelitian ini adalah mahasiswa baru IST AKPRIND Yogyakarta tahun 2022 yaitu sebanyak 166 mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana klasifikasi latar belakang dari mahasiswa baru memilih IST AKPRIND Yogyakarta sebagai perguruan tingginya. Latar belakang tersebut akan diklasifikasikan menjadi atas dasar pilihan sendiri dan bukan pilihan sendiri. Metode analisis yang digunakan adalah metode JST Backpropagation dan Support Vector Machines (SVM). Hasil klasifikasi menunjukan bahwa metode SVM lebih baik dibandingkan dengan metode JST Backpropagation dengan nilai akurasi sebesar 84.3% sedangkan akurasi metode JST Backpropagation sebesar 77.10%. Hasil Klasifikasi juga menunjukan bahwa mahasiswa baru IST AKPRIND Yogyakarta cenderung memilih IST AKPRIND Yogyakarta atas dasar bukan pilihan sendiri, hal ini dapat ditunjukan bahwa 58,12% (136 mahasiswa) memilih atas dasar bukan pilihan sendiri dan 41,88% (98 mahasiswa) memilih atas dasar pilihan sendiri.