PENERAPAN METODE KULLDORFF’S SPATIAL SCAN STATISTIC UNTUK MENDETEKSI KASUS KECELAKAAN DI INDONESIA

Authors

  • Agung Martanto Jurusan Statistika, Fakultas Sains Terapan, IST AKPRIND Yogyakarta
  • Rokhana Dwi Bekti Jurusan Statistika, Fakultas Sains Terapan, IST AKPRIND Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.34151/statistika.v8i1.4430

Keywords:

hotspot, kecelakaan lalulintas, Kulldorff’s Spatial Scan Statistic

Abstract

Kecelakaan lalulintas adalah kejadian tabrakan yang melibatkan sebuah kendaraan bermotor dengan benda/kendaraan lain dan menyebabkan kerusakan, kadang kecelakaan ini dapat mengakibatkan luka-luka atau kematian. Peran pemerintah diperlukan untuk meminimalisir jumlah korban terutama korban yang meninggal dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi hotspot kasus kecelakaan di Indonesia menggunakan metode Kulldorff’s Spatial Scan Statistic dengan model peluang Bernoulli. Data yang digunakan berupa data sekunder tentang data kecelakaan di 31 POLDA yang tersebar di seluruh Indonesia pada tahun 2019, bersumber dari Korlantas POLRI. Sebagai data pendukung adalah data koordinat longitude dan latitude seluruh wilayah 31 POLDA. Dalam penelitian ini digunakan dua aturan untuk mendeteksi hotspot sebagai perbandingan, yaitu persentase risiko dalam populasi sebanyak 25% dan 10%. Untuk aturan yang pertama yaitu 25% terdeteksi sebanyak lima hotspot dengan total lokasi yang tercakup adalah sebanyak 19 POLDA. Untuk aturan yang kedua yaitu 10% terdeteksi sebanyak lima hotspot dengan total lokasi yang tercakup adalah sebanyak 16 POLDA.

Downloads

Published

2023-01-31