ANALISIS JALUR UNTUK MENGETAHUI PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN LAYANAN PURNA JUAL TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Konsumen Motor Yamaha di PT. Hasjrat Abadi)
Keywords:
Analisis Jalur, Kualitas Produk, Harga, Layanan Purna Jual, Kepuasan Konsumen, Kepercayaan KonsumenAbstract
Analisis jalur merupakan suatu teknik analisis statistika yang dikembangkan dari analisis regresi linear berganda yang digunakan untuk mengukur hubungan kausalitas (sebab-akibat) antar variabel yang telah ditetapkan, serta untuk mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langsung dari variabel bebas (eksogen) terhadap variabel terikat (endogen). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung dari Kualitas Produk, Harga dan Layanan Purna Jual terhadap Kepercayaan Konsumen Motor Yamaha di PT. Hasjrat Abadi Cabang Kendari dengan menggunakan Kepuasan Konsumen sebagai variabel Intervening. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu Konsumen Motor Yamaha di PT. Hasjrat Abadi Cabang Kendari yang melakukan pembelian produk pada periode Januari - Desember 2020. Berdasarkan rumus Slovin jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Kualitas Produk, Harga dan Layanan Purna Jual secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasaan Konsumen. Harga dan Layanan Purna Jual memberikan pengaruh langsung yang signifikan terhadap Kepercayaan Konsumen, sedangkan Kualitas Produk, Harga dan Layanan Purna Jual tidak signifikan berpengaruh tidak langsung terhadap terhadap Kepercayaan Konsumen melalui Kepuasan Konsumen sebagai variabel intervening.