PERAMALAN INDEKS HARGA KONSUMEN INDONESIA MENGGUNAKAN AUTOREGRESSIVE INTEGRATED MOVING AVARAGE

Authors

  • Muhammad Hali Mukron Program Studi Statistika, Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Imelya Susianti Program Studi Statistika, Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Fadhilah Azzahra Program Studi Statistika, Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Yulia Nur Kumala Program Studi Statistika, Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Fazia Risnita Widiyana Program Studi Statistika, Universitas Muhammadiyah Semarang
  • M Al Haris Program Studi Statistika, Universitas Muhammadiyah Semarang

Keywords:

Peramalan, ARIMA, Indeks Harga Konsumen

Abstract

Salah satu indikator yang digunakan untuk melihat keberhasilan moneter dalam mengendalikan inflasi adalah Indeks Harga Konsumen (IHK). Indeks Harga Konsumen (IHK) adalah angka indeks yang menunjukkan tingkat harga barang dan jasa yang dibeli konsumen dalam suatu periode tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai prediksi IHK di Indonesia selama lima periode kedepan dengan menggunakan metode ARIMA (Autoregressive Integrated Moving Average). Data yang digunakan untuk penelitian adalah data IHK Indonesia pada bulan Januari 2014 sampai dengan Desember 2019. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa model terbaik yang dapat digunakan untuk peramalan yaitu model ARIMA (2,1,3) dengan nialai Mean Square (MS) sebesar 0,1744.

Downloads

Published

2021-01-30