ANALISIS SISTEM ANTRIAN MULTIPHASE PADA FASILITAS PELAYANAN MASYARAKAT BIDANG PENDAFTARAN PENDUDUK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN MADIUN
Keywords:
bidang pendaftaran penduduk, kedatangan, waktu pelayanan, antrian multiphaseAbstract
Mengantri merupakan hal yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Antrian terjadi karena ketidak seimbangan antara pengunjung yang datang dengan penyedia pelayanan dalam waktu tertentu sehingga banyak pengunjung yang harus menunggu. Pelayanan merupakan salah satu ujung tombak dari upaya pemuasan pelanggan. Dispendukcapil Kabupaten Madiun merupakan salah satu penyedia pelayanan masyarakat bidang pendaftaran penduduk. Jumlah fasilitas pelayanan tidak sebanding dengan banyaknya pengunjung yang datang untuk mengurus dokumen mengakibatkan penumpukan berkas untuk di proses pada sistem pelayanan. Sehingga menyebabkan antrian dokumen. Metode penelitian yang digunakan yaitu antrian multichanel-multiphase. Data yang digunakan dalam metode ini adalah jumlah dan waktu kedatangan pelanggan, waktu pelayanan pelanggan mulai dan selesai dilayani. Penelitian dilakukan untuk mengukut kinerja sistem antrian dan simulasi model antrian sehingga diperoleh hasil optimal dari pelayanan. Sehingga dapat meningkatkan pelayanan menjadi lebih baik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh model awal antrian loket pendaftaran (M/M/2): (GD/∞/∞), loket proses data (M/M/5): (GD/∞/∞) dan loket pengambilan berkas (M/M/2): (GD/∞/∞). Pada hasil simulasi model antrian diperoleh hasil optimal yaitu loket pendaftaran (M/M/3): (GD/∞/∞), loket proses data (M/M/6): (GD/∞/∞) dan loket pengambilan berkas (M/M/3): (GD/∞/∞).