PELATIHAN JARIMATIKA UNTUK INOVASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI JAMAAH MUSHOLA AL-HIDAYAH DESA SUKOHARJO, KEC. NGAGLIK , SLEMAN, YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.34151/statistika.v1i01.1251Keywords:
Matematika, Jarimatika, Inovasi PembelajaranAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat di laksanakan oleh tim pengabdian masyarakat Jurusan Statistika, Fakultas Sains Terapan, IST AKPRIND Yogyakarta pada bulan Desember 2016 bertempat di Mushola Al-Hidayah, Dusun Tanjungsari, Desa Sukoharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman. Peserta pelatihan dan takmir Mushola memberikan apresiasi sambutan yang sangat baik dan antusiasme yang tinggi. Pelatihan Jarimatika memberikan metode perhitungan matematika dengan cepat, tepat dan menyenangkan melalui perhitungan menggunakan jari tangan. Dengan metode jarimatika dapat memberikan inovasi untuk belajar matematika tanpa menggunakan alat hitung. Beberapa faktor pendukung pelatihan ini adalah peserta pelatihan memiliki keinginan dan kemauan yang besar untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan mengenai teknik perhitungan jarimatika meliputi cara atau metode jarimatika untuk menghitung penjumlahan, pengurangan, pekalian dan pembagian. Serta cara cepat untuk melakukan perhitungan tanpa menggunakan alat hitung elektronik. Beberapa kendala pada saat pelatihan diantaranya peserta cukup banyak mencapai 47 dari pendidikan yang beragam yaitu mulai kelas SD kelas 1, sampai kelas 6, dan siswa SMP kelas 1,2, dan 3, sementara timnya terbatas dan ruang untuk pelatihan juga terbatas. Pelaksanaan pelatihan direncanakan dua hari tetapi karena waktu sekolah sampai sore sehingga terlaksana satu hari dan selebihnya latihan sendiri dengan diberikan buku praktis untuk belajar dan latihan. Hasil dari pelatihan ini diantaranya terlihat peserta antusias sekali dan hasil dari evaluasi menunjukkan peningkatan kemampuan dalam melakukan perhitungan dengan cepat, tepat dan benar menggunakan jari. Melalui pelatihan ini dapat merubah paradigma bahwa matematika tidak sulit tetapi mudah dan meyenangkan.