ANALISIS REGRESI LOGISTIK UNTUK MENGETAHUI FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP FREKUENSI IBU RUMAH TANGGA DALAM MENGELOLA SAMPAH RUMAH TANGGA DI DUSUN CABAKAN SUMBERADI MLATI SLEMAN YOGYAKARTA

Authors

  • Kunti Lestari Jurusan Statistika, FST, Institut Sains & Teknologi Akprind Yogyakarta
  • Maria Titah Jattipaningrum Jurusan Statistika, FST, Institut Sains & Teknologi Akprind Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.34151/statistika.v2i01.1097

Keywords:

frekuensi pengelolaan, sampah rumah tangga, regresi ordinal

Abstract

ABSTRAK

Pengelolaan sampah rumah tangga sangat diperlukan untuk meminimalkan jumlah tumpukan sampah di TPAS. Di Padukuhan Cabakan, sebagian besar ibu rumah tangga belum melakukan pengelolaan sampah secara tepat. Pada umumnya mereka hanya membakar, memendam,  membuang ke dalam lubang galian, dan membuang ke parit. Sehingga perlu dilakukan penelitian tentang faktor-faktor yang berhubungan dengan frekuensi ibu rumah tangga dalam mengelola sampah.

Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan regresi logistik ordinal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebagian besar ibu rumah tangga di Padukuhan Cabakan jarang melakukan pengelolaan sampah rumah tangga yaitu sebesar 53,8 persen dan hanya 3,8 persen saja yang selalu mengelola sampah. Faktor yang signifikan berpengaruh adalah tingkat pengetahuan, ketersediaan tempat sampah, tingkat pendidikan, usia, dan status bekerja. Variabel tersebut mampu mempengaruhi frekuensi ibu rumah tangga dalam mengelola sampah rumah tangga sebesar 45,4% dan sisanya 54,6 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam model. Untuk frekuensi selalu mengelola sampah, nilai probabilitas terbesar terletak pada kelompok kombinasi variabel ibu dengan pengetahuan cukup, tidak tersedianya tempat sampah yang sudah dibedakan antara sampah organik dan anorganik, ibu berpendidikan SD, usia ibu ≤ 40 tahun, serta status ibu bekerja.

Downloads

Published

2017-01-31

Issue

Section

Articles