ANALISIS SISTEM ANTRIAN PADA PELAYANAN TELLER DI BANK RAKYAT INDONESIA KANTOR CABANG KOTA TEGAL

Authors

  • Ernawati Sya’diyah Jurusan Statistika, Fakultas Sains Terapan Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Kris Suryowati Jurusan Statistika, Fakultas Sains Terapan Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.34151/statistika.v2i01.1093

Keywords:

(G/G/c), Sistem Antrian, Visual Basic

Abstract

ABSTRAK Antrian timbul disebabkan oleh kebutuhan akan layanan melebihi kemampuan (kapasitas) pelayan atau fasilitas layanan, sehingga pengguna fasilitas yang tiba tidak dapat segera memperoleh pelayanan disebabkan kesibukan layanan. Pelayanan yang terbaik diantaranya adalah memberikan pelayanan yang cepat sehingga pelanggan tidak dibiarkan menunggu (mengantri) terlalu lama. Penelitian dilakukan pada Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Kota Tegal, penelitian dilakukan pukul 08.00 – 12.00 WIB selama 10 hari yang dipilih secara random pada periode sibuk (hari sibuk). Data yang diambil pada penelitian ini berupa: waktu kedatangan, waktu mulai pelayanan, dan waktu selesai pelayanan. Pada perhitungan efektifitas model antrian menggunakan program Microsoft Visual Basic 6.0 sebagai bahan perbandingan dengan perhitungan manual. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan: model sistem antrian pada penelitian ini mengikuti model antrian (G/G/6):(GD:/∞/∞). Keefektifitasan pelayanan teller pada pada Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Kota Tegal dengan 6 teller secara keseluruhan pada bulan April 2016 setelah dilakukan pengamatan di hari sibuk dan jam sibuk yaitu dapat dilihat peluang pelayanan teller tidak sedang melayani pelanggan sebesar 3,82% dengan rata-rata jumlah pelanggan dalam antrian sebanyak 4 pelanggan dan rata-rata jumlah pelanggan dalam sistem sebanyak 7 pelanggan. Optimalisasi jumlah teller sesuai dengan perhitungan yaitu dengan menambahkan teller menjadi 10 teller dengan rata-rata jumlah pelanggan dalam antrian sebanyak 0 pelanggan dan rata-rata jumlah pelanggan dalam sistem sebanyak 3 pelanggan.

 

Downloads

Published

2017-01-31

Issue

Section

Articles