METODE IMPORTANCE-PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DAN REGRESI LOGISTIK ORDINAL UNTUK MENGETAHUI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN PASIEN KLINIK PRATAMA RBG RZ BANTUL YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.34151/statistika.v2i02.1085Keywords:
Tingkat kepuasan pasien, Importance-performance analysis (IPA), Regresi logistik ordinalAbstract
Abstract. Dalam Statistika terdapat beberapa metode yang dapat digunakan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan. Metode yang dapat digunakan adalah importance-performance analysis (IPA) yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan, serta regresi logistik ordinal untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat kepuasan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana tingkat kepuasan pasien serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat kepuasan pasien. Data dikumpulkan melalui survei dengan kuesioner terhadap pasien yang melakukan pengobatan pada poliklinik umum Klinik Pratama RBG RZ Bantul Yogyakarta. Pengukuran jasa pelayanan medis dalam penelitian ini menggunakan dimensi mutu pelayanan yaitu bukti fisik (tangibles), keandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), empati (emphaty), dan jaminan (assurances). Berdasarkan hasil importance-performance analysis (IPA) diperoleh hasil tingkat kesesuaian antara kinerja dengan kepentingan di Klinik Pratama RBG RZ Bantul Yogyakarta memiliki nilai antara 97%-102%. Dengan demikian pasien sudah merasa puas terhadap kinerja klinik. Untuk faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan berdasarkan analisis regresi logistik ordinal yaitu variabel reliability, responsiveness, dan assurances dengan ketepatan model sebesar 74,4%.