PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KEDAI GEBOX DENGAN ANALISIS CROSSTAB DAN KORELASI SPEARMAN

Authors

  • Gideon Eka Dirgantara Institut Sains & Tekologi AKPRIND Yogyakarta
  • M Feisal Akbar Institut Sains & Tekologi AKPRIND Yogyakarta
  • Rokhana Dwi Bekti Institut Sains & Tekologi AKPRIND Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.34151/statistika.v3i02.1069

Keywords:

keputusan pembelian, kualitas produk, persepsi harga, crosstab, r ank spearman

Abstract

Abstrak. Kedai GEBOX merupakan inovasi kedai pertama yang menyediakan sajian kuliner dan jasa olah data. Oleh karena itu, beberapa aspek penting yang harus dimiliki oleh Kedai GEBOX dalam menyediakan kuliner dan jasa olah data adalah keinginan dan kemampuan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan kualitas baik dan harga yang terjangkau. Oleh karena itu Kedai GEBOX perlu memberikan pelayanan yang terbaik demi tercapainya kepuasan pelanggan. Berdasarkan permasalahan yang ada, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kulaitas produk dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian sehingga tercapainya kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan analisis Crosstabs dan analisis korelasi Rank Spearman. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas produk dan persepsi harga berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian pelanggan. Melalui analisis Crosstabs, indikator kualitas yang berpengaruh adalah tentang produk yang sesuai untuk setiap kalangan usia, sedangkan indikator persepsi harga yang berpengaruh adalah tentang citra atau image. Melalui analisis rank spearman, indikator kualitas yang berpengaruh adalah tentang produk yang dapat mengurangi masalah sampah plastik dan pengangguran bagi masyarakat.

Kata kunci: , , , ,.

Downloads

Published

2018-07-31

Issue

Section

Articles