Identifikasi Daerah Rawan Gerakan Massa di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Sistem Informasi Geografis (SIG)

  • Arum Kartika Sari Teknik Geologi, Fakultas Teknologi Mineral, IST AKPRIND Yogyakarta
Keywords: sistem informasi geografis (SIG), gerakan massa, Jatimulyo

Abstract

Desa Jatimulyo secara administratif berada di Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan koordinat 7o44’ 00”LS dan 110o6’30” BT. Berdasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Kabupaten Kulon Progo termasuk daerah yang sering terjadi gerakan massa. Perlu adanya identifikasi daerah rawan gerakan massa agar dampak dari bencana tersebut dapat dikurangi. Tujuan dari penelitian ini adalah identifikasi daerah rawan gerakan massa serta kontrol geologi di desa Jatimulyo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sistem Informasi Geografis (SIG) dengan melakukan overlay pada parameter-parameter kontrol sifat fisik alami dan kontrol aktivitas manusia. Selain itu juga menggunakan metode deskriptif dari lapangan sebagai data pendukung. Dari hasil identifikasi tersebut dapat diketahui tingkat kerawanan gerakan massa di Desa Jatimulyo terbagi menjadi empat tingkat, yaitu tingkat kerawanan tidak rawan yang menempati 4,04%, tingkat kerawanan sedang menempati 20,95%, tingkat kerawanan rawan wilayah ini menempati 60,14%, tingkat kerawanan sangat rawan wilayah ini menempati 14,87% dari total wilayah penelitian.

References

Budiyanto, E. 2002. Sistem Informasi Geografis Menggunakan ARC View GIS. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Hermon, D. 2015. Geografi Bencana Alam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Karnawati, D., 2005. Bencana Alam Gerakan Massa Tanah di Indonesia dan Upaya Penanggulangannya. Jurusan Teknik Geologi, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.
Nugroho, J, dkk. 2009. Pemetaan Daerah Rawan Gerakan massa dengan Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis (Studi Kasus Hutan Lindung Kabupaten Mojokerto). Jurnal FTSP Institut Teknologi Sepuluh September.
Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 22/PRT/M/2007 tentang Pedoman Penataan Ruang Kawasan Rawan Bencana Gerakan massa. Direktorat Jendral Penataan Ruang, Jakarta.
Sobirin, S. 2013. Pengolahan Sumber Daya Air Berbasis Masyarakat. Seminar Reboan Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI, Bandung.
Published
2019-04-30