APLIKASI PEMESANAN MAKANAN BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS PADA RUMAH MAKAN BALE ROSO PRAMBANAN)

Authors

  • Harmastuti IST AKPRIND
  • Refian Nahdhi Saputro
  • Dwi Setyowati

DOI:

https://doi.org/10.34151/technoscientia.v15i2.4228

Abstract

Rumah Makan Bale Roso adalah rumah makan yang menyediakan berbagai masakan dari ikan, salah satu cabang terletak di Jl. Raya Piyungan-Prambanan No.4,KM.8, Potrojayan, Madurejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Dalam meningkatnya jumlah penjualan jika dilakukan secara konvensional , untuk memperoleh   informasi penjualan secara cepat mengalami kesulitan.Restoran Bale Roso Prambanan memerlukan sistem informasi yang aman dan memiliki fitur teknologi terkini. Oleh karena itu pada penelitian ini dikembangkan sebuah sistem menggunakan sistem android sehingga dapat mengimplementasikan proses pemesanan makanan agar lebih detail dan dukungan sistem berbasis lokasi dengan GPS. Aplikasi yang dibangun menggunakan platform android dengan menggunakan bahasa pemrograman Java. Diharapkan dengan menggunakan android akan memudahkan pengguna untuk memesan makanan di restoran Baleroso. Versi android yang dibangun merupakan versi android terbaru dan paling banyak digunakan saat ini. Hasil pengujian fungsional dengan metode black box yang dilakukan pada aplikasi Food Ordering berbasis Android, menunjukkan bahwa aplikasi dapat berjalan sesuai dengan tujuan dan hasil yang diharapkan. Hasil uji kompatibilitas menunjukkan bahwa aplikasi dapat berjalan dengan baik di berbagai platform seluler, versi android yang berbeda, ukuran layar, dan resolusi yang berbeda.

 

 

References

Abidin,H, Z. 2011. Buku Penentuan Posisi Dengan GPS dan Aplikasinya,Jakarta,Global Positioning System (GPS) .

Aminudin, 2015, Cara Efektif Belajar Framework Laravel,http://coursehero.com,5April 2020 14.53.

Edy, I, 2013. Buku Sistem Informasi Geografis: Prinsip Dasar Dan Pengembanagan Aplikasi Penerbit Digibooks Yogyakarta.

Kadir, A. 2012. Buku Pintar Jquery Dan PHP Untuk Pemula, Medi@Kom, Yogyakarta.

Kadir, A., 2008. Dasar Pemprograman Web Dinamis Mengunakan PHP, Andi, Yogyakarta.

Munawar, 2018, Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek dengan UML, Informatika, Bandung.

Pangestu, T., C., 2019. Pembuatan Aplikasi Pemesanan Multi Catering Berbasis Android, Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya.

Pratama, E. P. B., 2013. Sistem Layanan Antar Pada Restoran Berbasis Android, Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto, Yogyakarta.

Supardi, S, 2019. Belajar Pemrograman Android untuk Semua Kebutuhan, Elek Media,Jakarta Barat.

Sirenden,B, H, 2012. Buku Buat Sendiri Aplikasi Petamu Menggunakan CodeIgniter dan Google Maps Api,Yogyakarta.

Tegar, D.G, 2019. Sistem Informasi Pemesanan Makanan Dan Minuman Pada Omahe Café And Resto Berbasis Client Server Dengan Platform Android, Universitas Dian Nuswantoro, Semarang.

Yudanto, Y, 2012. Membuat Aplikasi Android Dengan Android Studio, Elek Media Komputindo, Jakarta.

Downloads

Published

31-03-2023

How to Cite

Harmastuti, Saputro, R. N. ., & Setyowati, D. . (2023). APLIKASI PEMESANAN MAKANAN BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS PADA RUMAH MAKAN BALE ROSO PRAMBANAN). JURNAL TEKNOLOGI TECHNOSCIENTIA, 15(2), 9–18. https://doi.org/10.34151/technoscientia.v15i2.4228