PENERAPAN ALGORITMA K-MEANS UNTUK MENGELOMPOKKAN DATA PENGIRIMAN PAKET DI KANTOR POS CIREBON

Authors

  • Aby Febrian STMIK IKMI CIREBON
  • Nana Suarna
  • Gifthera Dwilestari

DOI:

https://doi.org/10.34151/technoscientia.v15i1.3858

Keywords:

Data Mining, Clustering, K-Means, Kantor Pos

Abstract

Pada era industri sekarang ini perkembangan ekspedisi jasa kirim mengalami peningkatan yang relatif pesat, membuat jalur perdagangan barang maupun bidang jasa menjadi meningkat untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Salah satu ekspedisi jasa kirim yaitu PT Pos Indonesia yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Kantor Pos Cirebon saat ini mempunyai banyak pesaing diantaranya yaitu JNE,TIKI, Sicepat, dan J&T. Salah satu faktor utama dalam proses pengiriman yaitu dibutuhkan keakuratan dalam mengelompokkan data pengiriman, maka diperlukan proses perhitungan yang tepat, agar dapat mencapai hasil yang akurat. Pada penelitian ini dilakukan proses clustering dengan algoritma K-Means dengan tujuan untuk mendapatkan informasi dari  data pengiriman paket yang ada di Kantor Pos Cirebon pada bulan juli 2020 serta memperoleh kelompok terbaik berdasarkan hasil evaluasi DBI. Hasil cluster data pengiriman paket menggunakan algoritma K-means serta dengan perhitungan Davies Bouldin Index nilai yang paling mendekati angka 0 dengan percobaan cluster 2 sampai cluster 10 menghasilkan nilai k terbaik pada cluster 3 yaitu 0.104 dengan jumlah anggota Cluster 0: 414 items, Cluster 1: 280 items, Cluster 2: 6 items.

References

Aditya, A., Jovian, I., & Sari, B. N. (2020). Implementasi K-Means Clustering Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama di Indonesia Tahun 2018/2019. Jurnal Media Informatika Budidarma, 4(1), 51. https://doi.org/10.30865/mib.v4i1.1784

Annur, H. (2019). Penerapan Data Mining Menentukan Strategi Penjualan Variasi Mobil Menggunakan Metode K-Means Clustering. Jurnal Informatika Upgris, 5(1). https://doi.org/10.26877/jiu.v5i1.3091

Halimah, M. A., & Yanti, R. D. (2020). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Kilat Khusus Mitra Korporat Kantor Pos Purwokerto. Jurnal Ecoment Global, 5(1), 70. https://doi.org/10.35908/jeg.v5i1.916

Kamila, I., Khairunnisa, U., & Mustakim, M. (2019). Perbandingan Algoritma K-Means dan K-Medoids untuk Pengelompokan Data Transaksi Bongkar Muat di Provinsi Riau. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 5(1), 119. https://doi.org/10.24014/rmsi.v5i1.7381

Muliono, R., & Sembiring, Z. (2019). Data Mining Clustering Menggunakan Algoritma K-Means Untuk Klasterisasi Tingkat Tridarma Pengajaran Dosen. CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science), 4(2), 2502–2714.

Muttaqin, M. R., & Defriani, M. (2020). Algoritma K-Means untuk Pengelompokan Topik Skripsi Mahasiswa. ILKOM Jurnal Ilmiah, 12(2), 121–129. https://doi.org/10.33096/ilkom.v12i2.542.121-129

Nas, C. (2020). Data Mining Pengelompokan Bidang Keahlian Mahasiswa Menggunakan Algoritma K-Means (Studi Kasus : Universitas Cic Cirebon). Syntax : Jurnal Informatika, 9(1), 1. https://doi.org/10.35706/syji.v9i1.3472

Tendean, T., & Purba, W. (2020). Analisis Cluster Provinsi Indonesia Berdasarkan Produksi Bahan Pangan Menggunakan Algoritma K-Means. Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(2), 5–11.

Yunaida, E. (2017). Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Pendapatan Produk Surat dan Paket Kantor Pos Langsa. Jurnal Manajemen & Keuangan, 6(1), 688–699

Downloads

Published

30-09-2022

How to Cite

Febrian, A., Nana Suarna, & Gifthera Dwilestari. (2022). PENERAPAN ALGORITMA K-MEANS UNTUK MENGELOMPOKKAN DATA PENGIRIMAN PAKET DI KANTOR POS CIREBON. JURNAL TEKNOLOGI TECHNOSCIENTIA, 15(1), 23–27. https://doi.org/10.34151/technoscientia.v15i1.3858