PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI MENGGUNAKAN SOFTWARE UNITY 3D DAN VUFORIA

Authors

  • Andy Dharmalau Institut Teknologi dan Bisnis Swadharma
  • Indra Hiswara Institut Teknologi dan Bisnis Swadharma
  • Dian Cahya Geovani Institut Teknologi dan Bisnis Swadharma

DOI:

https://doi.org/10.34151/technoscientia.v15i1.3833

Keywords:

Android, Aplikasi Promosi, Augmented Reality, Virtual Reality

Abstract

Kegiatan promosi yang dilakukan salesman dengan cara membawa beberapa contoh helmet banyak menimbulkan masalah. Para salesman merasa terbebani jika membawa langsung produknya, karena besar dan banyaknya model produk yang harus dibawa. Selain itu produk yang dibawa banyak ditemukan mengalami kerusakan akibat dijadikan alat peraga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari sebuah solusi untuk membuat alat bantu promosi dalam bentuk media digital. Sehingga diharapkan alat bantu promosi digital ini dapat lebih mudah diakses, efektif dan efisien. Solusi dari penelitian ini adalah dengan merancang sebuah aplikasi alat bantu promosi dengan mengimplementasikan Augmented Reality dan Virtual Reality berbasis Android. Aplikasi media promosi dengan augmented reality ini sangat membantu para sales sehingga tidak perlu membawa contoh helmet ketika melakukan kegiatan promosi, sehingga resiko helm baru rusak akibat dibuat alat peraga dapat dikurangi.

References

Dafitri, Haida, Arief Budiman, and Fakhrana Nadhila. 2020. “Peranan Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran.” Jurnal Sistem Informasi 04(02): 1–10.

Darmanto, Adi et al. 2021. “Implementasi Augmented Reality Tata Cara Sholat Menggunakan Metode Marker-Based Tracking.” 2(1): 1–6.

Dharmalau, Andy, Lela Nurlaela, and Verawaty Handojo. 2021. “Perancangan Media Pembelajaran Lagu Daerah Dengan Animasi

Interaktif Menggunakan Adobe Flash.” Jurnal Elektro dan Informatika Swadharma(JEIS) 01: 31–36.

Firdanu, Rizha, Sentot Achmadi, and Suryo Adi Wibowo. 2020. “Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Mengenai Peralatan Konstruksi Dalam Dunia Pendidikan Berbasis Android.” JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika) 4(2): 276–82.

Gustina, Dian. 2019. “Rancang Bangun Aplikasi Game Virtual Reality Berbasis Android Bertema Petualangan.” Jurnal Ilmiah FIFO 11(2):156.

Maulana, Gun Gun. 2017. “Penerapan Augmented Reality Untuk Pemasaran Produk Menggunakan Software Unity 3D Dan Vuforia.” Jurnal Teknik Mesin 6(2): 13.

Ningtyas, Septiana, Abdul Aziz Efendy, and Anselmus Yusuf. 2021. “Penerapan Metode Cloud Recognition Pada Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Jenis Buah-Buahan 1.” Jurnal Elektro dan Informatika Swadharma(JEIS) 1(1).

Setiawan, Ray, and Aryadi Nurfalaq. 2020. “Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Universitas Cokroaminoto Palopo Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android.” Jurnal Ilmiah d’Computare 10: 14–18.

Downloads

Published

30-09-2022

How to Cite

Dharmalau, A., Hiswara, I., & Cahya Geovani, D. (2022). PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI MENGGUNAKAN SOFTWARE UNITY 3D DAN VUFORIA . JURNAL TEKNOLOGI TECHNOSCIENTIA, 15(1), 15–22. https://doi.org/10.34151/technoscientia.v15i1.3833