RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN BANGUN RUANG BERBASIS UNITY

Authors

  • harmastuti tuti Jurusan Rekayasa Sistem Komputer

DOI:

https://doi.org/10.34151/technoscientia.v14i2.3628

Keywords:

3D geometry, android, learning application, unity

Abstract

Di era perkembangan teknologi saat ini, tersedia berbagai macam bentuk media pembelajaran yang dapat digunakan pelajar maupun guru untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, salah satunya dapat diimplementasikan ke dalam bentuk aplikasi perangkat lunak pada telepon pintar (smartphone). Unity merupakan suatu game engine yang dapat digunakan untuk mengembangkan suatu aplikasi permainan yang dapat dijalankan di berbagai platform, salah satunya adalah smartphone Android. Dengan teknologi ini maka dirancanglah suatu konsep untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa kelas VIII SMP mengenai bangun ruang ke dalam suatu bentuk aplikasi android di mana siswa dapat mempelajari dan berlatih soal mengenai bangun ruang. Hasil survey yang didapat adalah 58% atau 21 pengguna dari total 36 pengguna setuju bahwa aplikasi telah dapat membantu pengguna dalam meningkatkan pemahaman mengenai materi bangun ruang. Kemudian disusul oleh 33% pengguna atau sebanyak 12% pengguna sangat setuju bahwa aplikasi telah dapat membantu pengguna dalam meningkatkan pemahaman mengenai materi bangun ruang.

References

Asari, A. R., & Tohir, M., 2017, Buku Guru Matematika: Edisi Revisi 2017, Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

Burhanudin, A., 2017, Pengembangan Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Elektronika, Universitas Negeri Yogyakarta.

Jogiyanto, 2005, Analisis Dan Desain Sistem Informasi, Penerbit ANDI, Yogyakarta.

Menard, M., 2014, Game Development with Unity 1st Edition, Course Technology CENGAGE Learning, Rhode Island.

Pramana, Y. A, 2018, Pembangunan Aplikasi untuk Pengenalan Benda di Museum Berbasis Android (Studi Kasus : Museum Blambangan Banyuwangi), Universitas Brawijaya, Malang.

Putra,H.D.,2018, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP . JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) 6, 82-90.

Rahman,A.,A,M.PD, 2018, Strategi Belajar Mengajar Matematika, Banda Aceh : Syiah Kuala University Press.

Rahmatina,D,2017, Penggunaan Perangkat Pembelajaran Geometri Ruang Berbasis ICT Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa. Jurnal “Mosharafa”, Volume 6, Nomor 1, Januari 2017, Program Studi Pendidikan Matematika, Institute Pendidikan Indonesia

Riyana,R.S.2009,Media Pembelajaran: Hakikat, Pengem bangan, Pemanfaatan, dan Penilaian, CV Wacana Prima, Bandung.

Riyanto, S., & Hatmawan, A., 2020, Metode Riset Penelitian Kuantitatif: Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan, dan Eksperimen, DEEPUBLISH, Yogyakarta.

Syuhada, R., 2018, Implementasi Unity pada Pengenalan Alat Olahraga Hockey Sebagai Pendukung Sarana dan Prasarana Olahraga Berbasis Android, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Downloads

Published

31-03-2022

How to Cite

tuti, harmastuti. (2022). RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN BANGUN RUANG BERBASIS UNITY. JURNAL TEKNOLOGI TECHNOSCIENTIA, 14(2), 109–120. https://doi.org/10.34151/technoscientia.v14i2.3628