ANALISIS KORELASI ANTARA POROSITAS DAN FASIES BATUAN KARBONAT (STUDI KASUS DI FORMASI WONOSARI DAN KUBAH BAYAH)

Authors

  • Subhan Arif Jurusan Teknik Geologi, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Nur Widi Astanto Agus Tri Heriyad Jurusan Teknik Geologi, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Muhamad Rio Dwi Patra Jurusan Teknik Geologi, Fakultas Teknologi Mineral, IST AKPRIND Yogyakarta
  • Nanda Budrianto Jurusan Teknik Geologi, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.34151/technoscientia.v14i1.3612

Keywords:

Batugamping, Fasies, Porositas

Abstract

Batuan karbonat merupakan salah satu batuan yang berpotensi menjadi batuan reservoir minyak bumi. Sayangnya batuan karbonat atau memiliki tingkat ketidakpastian yang tinggi untuk nilai porositasnya. Porositas merupakan aspek penting dari batuan reservoir. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat model korelasi antara fasies batuan dengan kualitas porositas. Metodologi  yang  digunakan  dalam  penelitian ini adalah pengambilan sampel batuan untuk menganalisis  bagian  tipis  dan  lempengan  batuan  di  laboratorium.  Hasil  penelitian  adalah sampel batu gamping dibagi menjadi 2 kelompok SMF (SMF 8 dan SMF 18) berada pada zona fasies  yaitu  pada  anjungan  interior. Nilai porositas menunjukkan 0,05% - 9,4% (diabaikan- buruk). Kesimpulannya adalah terdapat korelasi yang lemah antara SMF dengan kualitas porositas batugamping, walaupun masih terdapat anomali seperti yang terjadi pada sampel Y3 akibat porositas moldic yang meningkatkan jumlah pori dalam sampel.



References

Arif, S., 2019, Rekonstruksi Model Pengendapan Batugamping Berumur Oligo-Miosen Daerah Kubah Bayah dan Sekitarnya, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Provinsi Jawa Barat, Tesis, Institut Teknologi Bandung.

Brady, P.V. dan Thyne, G., 2016, Functional Wettability in Carbonate Reservoirs, Energy & Fuels, 30 (11): 9217-9225.

Dunham, R.J., 1962, Classification of Carbonate Rocks According to Depositional Texture dalam Ham, W.E. ed., Classification of Carbonate Rocks, American Association of Petroleum Geologists, Tulsa, Oklahoma, 108-121.

Flugel, E., 2010, Microfacies of Carbonate Rocks, Analysis, Interpretation and Application, 2nd edition, Springer.

Mukti, M.M.R., 2005, Carbonate Depositional Environment and Platform Morphology of The Wonosari Formation In The Area East of Pacitan, RISET Geologi dan Pertambangan, 15(2): 29-38.

Panza, E., Agosta, F., Rustichelli, A., Vinciguerra, S.C., Ougier-Simonin, A.,

Dobbs, M., dan Prosser, G., 2019, Meso-to-microscale Fracture Porosity In Tight Limestones, Results of An Integrated Field and Laboratory Study, Marine and Petroleum Geology, 103: 581-595.

Downloads

Published

10-08-2021

How to Cite

Arif, S. ., Agus Tri Heriyad, N. W. A. ., Dwi Patra, M. R. ., & Budrianto, N. . (2021). ANALISIS KORELASI ANTARA POROSITAS DAN FASIES BATUAN KARBONAT (STUDI KASUS DI FORMASI WONOSARI DAN KUBAH BAYAH). JURNAL TEKNOLOGI TECHNOSCIENTIA, 14(1), 36–40. https://doi.org/10.34151/technoscientia.v14i1.3612