IDENTIFIKASI RISIKO KESELAMATAN KERJA DENGAN METODE FMEA DI UD. BAROKAH JAYA KUSEN

Authors

  • Permadi Gilang Prasetyo Teknik Industri, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Agustian Suseno Teknik Industri, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Asep Erik Nugraha Teknik Industri, Universitas Singaperbangsa Karawang

Keywords:

Diagram fishbone, FMEA, Risiko

Abstract

UD. Barokah Jaya sering mengalami permasalahan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) terkait dengan potensi kecelakaan kerja di proses produksinya, serta membutuhkan solusi berupa prioritas dalam menangani masalah potensi bahaya tersebut, dikarenakan terbatasnya sumberdaya dan cara untuk pengendalian potensi tersebut. Metode FMEA menjadi solusi yang tepat dalam hal prioritas masalah tersebut dengan nilai Risk Priority Number (RPN) sebagai indikator priorita. Hasil penelitian menunjukan dari hasil identifikasi risiko dengan metode FMEA didapat 8 potensi kecelakaan kerja dengan nilai RPN tertinggi sebesar 210 yang diperoleh oleh potensi kecelakaan kerja “tangan terluka akibat alat pemotong kayu” dan upaya pengendalian berupa training dari segi manusia, pembelian APD untuk RPN tertinggi dari segi metode, pembuatan WIP dari segi material, penggantian komponen mesin dari segi mesin, dan dilakukan relayout dan 5R dari segi lingkungan.

References

Apriyan, J., Setiawan, H., dan Ervianto, W.I., 2017, Analisis Risiko Kecelakaan Kerja pada Proyek Bangunan Gedung Dengan Metode FMEA, Jurnal Muara Sains, Teknologi, Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, 1(1): 115-123.

Fitriyanti, E., Andesta, D., dan Widyaningrum, D., 2018, Analisa Penyebab Kecelakaan Kerja dengan Metode FMEA dan FTA (Studi Kasus CV. Terima Kasih), Universitas Muhammadiyah Gresik.

Kustiyaningsih, F., 2011, Penentuan Prioritas Penanganan Kecelakaan Kerja di PT. GE Lighting Indonesia dengan Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), Skripsi, Universitas Sebelas Maret.

Mufiq, M., dan Huda, M., 2020, Risk Assesment Kecelakaan Kerja Pekerjaan Struktur Bangunan Mall dan Apartement Menggunakan Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), Axial: Jurnal Rekayasa dan Manajemen Konstruksi, 8(1): 45-56.

Prakoso, P., 2018, Analisis Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada Area Kerja Shop 1 dan Shop d Dengan Pendekatan Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), Skripsi, Universitas Bakrie.

Downloads

Published

2021-01-30

How to Cite

Prasetyo, P. G., Suseno, A., & Nugraha, A. E. (2021). IDENTIFIKASI RISIKO KESELAMATAN KERJA DENGAN METODE FMEA DI UD. BAROKAH JAYA KUSEN. JURNAL TEKNOLOGI TECHNOSCIENTIA, 14(1), 20–24. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/technoscientia/article/view/3294