REPRESENTASI OBJEK 3D MENGGUNAKAN TEKNIK RENDERING RAY-TRACING DAN RADIOSITY

Authors

  • Harmastuti - Prodi Rekayasa Sistem Komputer, IST AKPRIND Yogyakarta
  • Dwi Setyowati Prodi Rekayasa Sistem Komputer, IST AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

Objek 3D, Ray-tracing dan Radiosity, Rendering, Warna

Abstract

Representasi objek 3D dapat dilakukan dalam beberapa cara diantaranya menggunakan teknik rendering ray-tracing dan Radiosity. Radiosity dan ray-tracing adalah teknik rendering untuk menampilkan citra 3D pada layar tampilan 2D yang mensimulasi perjalanan sinar cahaya yang bergerak di dunia nyata. Dalam dunia nyata pancaran sinar dari sumber cahaya akan mengiluminasi permukaan objek. Dalam artikel ini dibahas representasi 3D dengan teknik rendering ray-tracing dan radiosity pada objek bola, kerucut, dan box. Objek berada di luar dan di dalam ruangan. Setelah objek dipilih, permukaan objek yang akan dimunculkan pada display diberi efek pencahayaan dengan teknik rendering ray-tracing dan radiosity. Selanjutnya dianalisis perbedaan dan kesamaan hasil rendering objek menggunakan perangkat lunak POV-Ray. Hasil analisis objek 3D yang tersusun di dalam ruangan adalah kecepatan rendering menggunakan teknik ray-tracing sebesar 2,15 detik dan radiosity sebesar 12,42 detik. Proses rendering objek menggunakan teknik radiosity memerlukan memori lebih besar dibandingkan ray-tracing.

References

Baker, H, 2004, Computer Graphhics with Open GL, Prentice Hall inc.

Cohen, M.F. and Wallance, J.R., 1995, Radiosity and Realistik image, United State of America.

David K., 1999, POV-RAY User Guide, Persistence of Vision Development Team.

Foley, J.D, van Dam, A., 1982, Fundamental of Interactive Computer Graphhics, Addison-Wesley Publishing Company.

Harmastuti, 2007, Teknik Rendering Ray-Tracing dalam Mengiluminasi Objek 3D Tunggal dan Kelompok, Jurnal Teknologi ACADEMIA ISTA IST AKPRIND Yogyakarta, Vol. 11 No. 2.

Hartono, R., 2013, Implementasi Objek Grafis 3D dengan POV-Ray, JNTETI.

Kurniawan, H., 2010, Analisa Pencahayaan Interior Bangunan dengan Metode Radiosity’, STIMIK Potensi Utama tanjung Mulia CSRID Journal, Vol. 2 No. 3.

Nugraha, B.S., 2016, ‘Pencangan model 3D datacenter menggunakan material dan pencahayaan VRAY’, Sistem Informasi STMIK AMIKOM Yogyakarta.

Samopa, F. dan Mardian, W., 2008, Ray-tracing Render Menggunakan Fragment Anti Aliasing, Jurusan Teknik Informatika FTI ITS, JETI, Vol. 7 No. 12.

Downloads

Published

2020-11-21 — Updated on 2020-11-25

Versions