PENGEMBANGAN APLIKASI LIVE VIDEO STREAMING BERBAYAR UNTUK KONSER MUSIK INDONESIA MENGGUNAKAN PROGRESSIVE WEB APPS
DOI:
https://doi.org/10.34151/prosidingsnast.v1i1.5121Keywords:
Live Streaming, Progressive Web Apps, Konser Musik LiveAbstract
Live streaming adalah penyiaran konten video secara langsung di internet. Kemajuan teknologi telah memungkinkan bertambahnya alternatif hiburan untuk menonton konser musik dengan teknologi live streaming. Penyiaran langsung konser musik telah menjadi tren yang berkembang pesat, memberikan alternatif bagi penggemar musik di seluruh dunia untuk menikmati penampilan langsung tanpa batas geografis. Dengan munculnya platform digital dan peningkatan aksesibilitas internet berkecepatan tinggi, konser musik live streaming kini dapat diakses oleh audiens yang lebih luas, melampaui kapasitas tempat duduk yang terbatas pada venue konser tradisional. Penggunaan Progressive Web Apps (PWA) dalam penyelenggaraan konser musik secara live streaming menjadi sangat relevan mengingat kemampuannya dalam menghadirkan pengalaman pengguna yang cepat, efisien, dan dapat diakses melalui berbagai perangkat. PWA mengeliminasi kebutuhan untuk mengunduh aplikasi khusus dari apps store. Implementasi PWA dalam penyelenggaraan konser musik secara live streaming telah menunjukkan hasil yang signifikan dalam meningkatkan pengalaman pengguna. Aplikasi berhasil di install pada smartphone menggunakan teknologi PWA.
References
Agustina, L.(2019). Live Video Streaming Sebagai Bentuk Perkembangan Fitur Media Sosial. Jurnal Media dan
Komunikasi, vol. 1, no. 1, 17–23.
Zakaria, F., Wijaya, G.(2022). Dari Pertunjukkan Ke Media: Konvergensi Festival Musik Dalam Merespons
Pandemi Covid – 19, Jurnal Media dan Komunikasi Indonesia, vol. 3, no. 1, 4–19.
Biørn-Hansen, A., Majchrzak, T.A., & Grønli, T,M. (2019). Progressive Web Apps: The Possible Web-Native
Unifier For Mobile Development, Proceedings of the 13th International Conference on Web Information
Systems and Technologies, vol. 1, no. 1, pp. 344–351. WEBIST
Maraya.(2020), Metode Prototype : Kelebihan, Kekurangan & Tahapan Model, diakses tanggal 3 Juli 2024
pukul 23:18, dari https://Dosenit.Com/Software/Metode-Prototype.
Santoso, H. (2019). Membangun Aplikasi Mobile dengan PWA (Progressive Web App), Lokomedia, Vol. 1.
Dicoding (2021). Apa Itu UML? Beserta Pengertian dan Contohnya. diakses tanggal 16 Juni 2024 pukul 17:10,
dari https://www.dicoding.com/Blog/Node Package-Manager.
Faradila, A.(2023), Apa Itu React? Pengertian dan Cara Kerja ReactJS. diakses tanggal 1 Juli 2024 pukul
:14, dari https://www.hostinger.co.id/tutorial/apa-itu-react.
Solikhul, M.(2024), Cara Install dan Membuat Project React Menggunakan Vite, diakses tanggal 3 Juni 2024
pukul 16:10, dari https://medium.Com/@batuamin123/cara-install-dan-membuat-project-react-
menggunakan-vite-0ab931307482.
Dicoding. (2020), Apa Itu Firebase? Pengertian, Jenis – Jenis dan Fungsi Kegunaanya, diakses tanggal 21 Juni
pukul 20:10, dari https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-javascript-fungsi-can-contohnya.
Huda,N.(2022), Visual Studio Code: Pengertian, Fitur, Keunggulan dan Jenisnya, diakses tanggal 3 Juli 2024
pukul 23:18, dari https://www.dewaweb.com/blog/mengenal-visual-studio-code.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.