TRANSFORMASI DIGITAL PEMBELAJARAN POLA MANUAL: APLIKASI PANDUAN POLA DASAR BERBASIS TECHNICAL PACK
DOI:
https://doi.org/10.34151/prosidingsnast.v1i1.5118Keywords:
Pola Dasar, Pola Manual, Pattern Ease, Pengujian Black Box, Skala LikertAbstract
Inovasi dalam pembelajaran berperan penting dalam meningkatkan kompetensi sumber daya manusia industri. Dalam mendukung hal tersebut, dilakukan integrasi teknologi ke dalam program pendidikan agar meningkatkan kualitas hasil pembelajaran dan meningkatkan daya saing mahasiswa di sektor industri serta mempermudah dalam pembelajaran yaitu dengan membuat aplikasi "Pattern Ease". Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi dampak implementasi aplikasi mobile "Pattern Ease" sebagai solusi pembelajaran dalam pembuatan pola dasar garmen di pendidikan vokasi. Pengembangan aplikasi menggunakan format Android Package Kit (APK), yang menggabungkan empat modul pola dasar utama: rok, blouse, kemeja, dan celana. Metode evaluasi yang dilakukan meliputi pengujian black box untuk menilai fungsionalitas pada sistem aplikasi dan survei
kepuasan pengguna menggunakan skala Likert yang melibatkan 30 responden, terdiri dari 26 mahasiswa dan 4 pengajar program studi Teknik Pembuatan Garmen. Hasil pengujian black box menunjukkan bahwa seluruh komponen aplikasi berfungsi secara optimal sesuai spesifikasi. Evaluasi kepuasan pengguna menghasilkan nilai rata-rata 4,5 dari 5,0, dengan aspek manfaat pembelajaran mencapai 4,63, kemudahan penggunaan 4,62, dan rekomendasi penggunaan 4,57. Penelitian ini berkontribusi dalam modernisasi pendidikan vokasi garmen melalui integrasi teknologi digital yang mendukung pembelajaran efektif dan inklusif. Aplikasi "Pattern Ease" memberikan solusi praktis untuk mempermudah pembelajaran sekaligus memberikan landasan untuk
pengembangan lebih lanjut dalam teknologi pembelajaran vokasi garmen.
References
Ariyani, L., Hermawati, W., Fizzanty, T., Pitaloka, A. A., & Budiansyah, A. (2021). Industry 4.0 and
Technology Adoption in The Garment Industry. Procedia Bus. Financ. Technol, 1.
Balqis, R., Syahnur, S., & Ernawati, E. (2024). Analysis of the Influence of Investment and Labor on Poverty
Levels Through the Growth of the Indonesian Manufacturing Industry. Ekonomikalia Journal of
Economics, 2(1), 29–37.
Fitrihana, N., & Nurdiyanto, H. (2024). Improving Student Competence through Informatics-Based
Vocational Education. International Journal of Artificial Intelligence Research, 7(2), 226–231.
Martini, I. A. O., Gorda, A. A. N. E. S., Gorda, A. A. N. O. S., Sari, D. M. F. P., & Antara, M. E. Y. (2024).
Impact of competence development, on work creativity, employee performance, and competitiveness
of woven products. Cogent Business & Management, 11(1), 2353136.
Nizam, E. H., Shimu, S., & Kabbo, K. M. H. (2023). Study on Tech Pack of Different Foreign Buyers to
Facilitate Different Sectional Garments Merchandizer. European Journal of Business and
Management Research, 8(2), 306–313.
Prihandono, I., & Religi, F. H. (2019). Business and human rights concerns in the Indonesian textile industry.
Yuridika, 34(3), 493–524.
Qing, L. (2022). [Retracted] Research on Intelligent Function Design of Vocational Education System under
Mobile Learning Mode. Journal of Mathematics, 2022(1), 9684363.
Raja, B. (2019). An Efficient Android APP for Attendance Record and Management System.
UDROIU, A.-M., & DUMITRACHE, M. (2021). MALWARE PROTECTION SYSTEM ON ANDROID.
STRATEGIES XXI-Command and Staff College, 17(1), 279–286.
Zakaria, N., Vouyouka, A., & Ruznan, W. S. (2022). Sustainable apparel technical and vocational education
and training (TVET): integrating technology for skills training. In Digital Manufacturing Technology
for Sustainable Anthropometric Apparel (pp. 3–21). Elsevier.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.