MENINGKATKAN EFISIENSI PROMOSI WISATA MELALUI STRATEGI IKLAN BERBAYAR DI META BUSINESS SUITE PADA KELOMPOK SADAR WISATA NGLANGGERAN
DOI:
https://doi.org/10.34151/prosidingsnast.v1i1.5101Keywords:
media sosial, meta business suite, pemasaran digital, POKDARWIS Nglanggeran, promosi digital.Abstract
Perkembangan teknologi informasi, terutama media sosial, telah mengubah cara bisnis melakukan pemasaran, termasuk dalam sektor pariwisata. POKDARWIS Nglanggeran, yang mengelola potensi wisata di Desa Nglanggeran, Yogyakarta, menghadapi tantangan dalam memanfaatkan promosi digital secara optimal. Meskipun telah berhasil mengembangkan Geosite Gunung Api Purba Nglanggeran, promosi yang terbatas dan kurangnya strategi digital marketing menghambat daya tarik destinasi ini. Salah satu solusi yang diusulkan adalah pemanfaatan Meta Business Suite, sebuah platform yang memungkinkan pengelolaan media sosial Facebook dan Instagram secara efisien. Melalui program sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan yang dilakukan dengan kolaborasi antara Institut Teknologi Yogyakarta dan Universitas AKPRIND Indonesia, anggota POKDARWIS dibekali keterampilan dalam membuat konten menarik, menjadwalkan unggahan, dan menganalisis performa untuk memperluas jangkauan promosi. Hasil yang diharapkan adalah peningkatan visibilitas dan daya saing Nglanggeran di industri pariwisata, serta membangun hubungan yang lebih kuat dengan wisatawan melalui strategi digital yang terstruktur dan efektif.
References
Annisa, Z. N., & Wulansari, D. (2024). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI DI STAFFEE.CA BOUQUET SIDOARJO. 6(4).
Bustami, K., Yusuf, Y., Hendiyani, D., & Saifrizal, M. (2024). PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN AFILIASI PENJUAL TERHADAP BRAND EQUITY PADA UMKM DI KOTA LHOKSEUMAWE. 18(1).
Cho, H., Cannon, J., Lopez, R., & Li, W. (2024). Social media literacy: A conceptual framework. New Media & Society, 26(2), 941–960. https://doi.org/10.1177/14614448211068530
Erpurini, W., Kurnia Ramadhan, I., & Indahsari, S. (2023). Strategi Promosi Digital dalam Menarik Minat Beli Konsumen PT Sinverho Energi Indonesia. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 2(1), 95–107. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v2i1.1761
Khairunnisa, C. M. (2022). Pemasaran Digital sebagai Strategi Pemasaran: Conceptual Paper. JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis, 5(1), 98. https://doi.org/10.47201/jamin.v5i1.109
Permadi, C., & Gifari, A. (2022). PENGGUNAAN FITUR MEDIA SOSIAL LIVE DAN ADS DALAM PROMOSI PRODUK BISNIS. AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.54783/jin.v4i3.594
Ratna Gumilang, R. (2019). IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN HASIL HOME INDUSTRI. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14. https://doi.org/10.32670/coopetition.v10i1.25
Sari, I. P. (2023). Perancangan dan Pengelolaan Sistem Periklanan Digital melalui Meta Business Suite sebagai Strategi Pemasaran Alpha Academy [Other, Institut Teknologi Sepuluh Nopember]. https://repository.its.ac.id/95969/
Takarini, N., & Sari, D. F. (t.t.). Optimalisasi Media Sosial Facebook Sebagai Penunjang Digital Marketing Pada PT Sreeya Sewu Indonesia, Tbk.
Windianingsih, A., Yunas, M. F., & Farhani, H. (2024). Economic Digitalization in an Effort to Maintain Family Economic Resilience Based on Local Wisdom. Formosa Journal of Applied Sciences, 3(7), 3069–3082. https://doi.org/10.55927/fjas.v3i7.10176
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.