OPTIMALISASI PENGGABUNGAN TIGA ANTARMUKA WEBSITE DENGAN PENERAPAN METODE DESIGN THINKING (Studi Kasus Sistem Informasi Mega Finance)

Authors

  • Linda Puspita Sari
  • Yuli Praptomo Pamungkas Hari Sungkowo

DOI:

https://doi.org/10.34151/prosidingsnast.v1i1.5100

Keywords:

optimalisasi antarmuka terpadu, design thinking, system usability Scale (SUS)

Abstract

Dalam era digital yang sangat dinamis, perusahaan  Mega Finance harus beradaptasi dengan cepat terhadap perkembangan teknologi dan kebutuhan pengguna. Mega Finanace memiliki tiga antar muka website berbeda untuk keperluan pengguna, permasalahan yang dihadapi Mega Finance adalah kesulitan dalam menciptakan pengalaman pengguna yang konsisten dan intuitif pada tiga antarmuka website yang berbeda, yang digunakan oleh karyawan. Hal ini menyebabkan navigasi yang rumit dan menurunkan kepuasan serta produktivitas karyawan.  

Untuk mengatasi masalah optimalisasi tiga antarmuka website yang berbeda ini menerapkan metode design thinking. Pendekatan ini melibatkan tahapan empati, perumusan masalah, ideasi, prototipe, dan pengujian. Langkah pertama adalah memahami kebutuhan dan masalah pengguna melalui wawancara dan survei. Berdasarkan hasil tersebut, dihasilkan solusi kreatif yang diimplementasikan dalam bentuk prototipe, yang kemudian diuji oleh pengguna, umpan balik dari pengujian ini digunakan untuk menyempurnakan desain agar lebih terintegrasi, intuitif, dan user-friendly, untuk mengukur tingkat kegunaan antarmuka terpadu dari website Mega Finance, digunakan system usability scale (SUS). Pengujian ini menghasilkan skor rata-rata 81,75, yang termasuk dalam kategori acceptable. Skor ini menunjukkan bahwa desain aplikasi memiliki antarmuka yang intuitif dan efisien, serta memenuhi kebutuhan pengguna dengan baik.  

Penelitian ini menghasilkan rancangan aplikasi yang menggabungkan tiga website Mega Finance menjadi satu antarmuka terpadu. Peningkatan kenyamanan, kepuasan, efisiensi, dan kemudahan penggunaan dibandingkan dengan penggunaan tiga website secara terpisah. Manfaat dari pengembangan antarmuka yang lebih terpadu dan mudah digunakan adalah peningkatan kemudahan bagi pengguna dalam mendapatkan informasi serta menyelesaikan tugas dengan lebih cepat dan jelas. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggabungan berbagai fitur dan fungsi dari ketiga website dalam satu platform tidak hanya meningkatkan efisiensi dan kenyamanan pengguna, tetapi juga memudahkan manajemen dan pemeliharaan sistem secara keseluruhan.

References

] Ramadhan, F. W., Sukmana, H. T., Oh, L. K., & Wardhani, L. K. (2019). Analysis Of Warganet Comments On It Services In Mandiri Bank Using K-Nearest Neighbor (K-NN) Algorithm Based On ITSM Criteria. Adi Journal on Recent Innovation (AJRI), 1(1). https://doi.org/10.34306/ajri.v1i1.9.

Santoso, Penerapan Metode Design Thinking Pada Model Perancangan Antar Muka Pengguna Aplikasi Mobile (Studi Kasus Sistem Informasi Akademik Stmik El Rahma Yogyakarta). Skripsi, Program Studi Informatika, STMIK El Rahma Yogyakarta, 2022, Yogyakarta.

Kurnianto, F., Informatika, J., Industri, F. T., Gustri, E., & Jurusan Informatika, W. (2023). Penerapan Metode Design Thinking Dalam Perancangan UI/UX Pada Aplikasi Basis Data Sekar Kawung Untuk Pegawai Lapangan Perusahaan Sosial Sekar Kawung.

Sulistyono, M.R., Setiawan, A., Nuryanto, N. (2023). Penerapan Metode Design Thinking untuk Perancangan UI/UX Sistem E-Marketplace Berbasis Website. Journal of Information System Research (JOSH) 4(4):1364-1376. DOI:10.47065/josh.v4i4.3534.

Nabila, G., Stephanie, Wahyuni, S. (2022). Penerapan UI/UX Dengan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Jaya Indah Perkas. MDP Student Conference (MSC).

Wulandari, D.A.N., Sunarti, Kuspriyono, T. (2023). Design UI/UX Menggunakan Metode Design Thingking Pada Website UMKM Hendz Florist Aglonema. Jurnal Infortech 5(1):22-29. DOI:10.31294/infortech.v5i1.15376.

] Ramadhan, F. W., Sukmana, H. T., Oh, L. K., & Wardhani, L. K. (2019). Analysis Of Warganet Comments On It Services In Mandiri Bank Using K-Nearest Neighbor (K-NN) Algorithm Based On ITSM Criteria. Adi Journal on Recent Innovation (AJRI), 1(1). https://doi.org/10.34306/ajri.v1i1.9.

Santoso, Penerapan Metode Design Thinking Pada Model Perancangan Antar Muka Pengguna Aplikasi Mobile (Studi Kasus Sistem Informasi Akademik Stmik El Rahma Yogyakarta). Skripsi, Program Studi Informatika, STMIK El Rahma Yogyakarta, 2022, Yogyakarta.

Kurnianto, F., Informatika, J., Industri, F. T., Gustri, E., & Jurusan Informatika, W. (2023). Penerapan Metode Design Thinking Dalam Perancangan UI/UX Pada Aplikasi Basis Data Sekar Kawung Untuk Pegawai Lapangan Perusahaan Sosial Sekar Kawung.

Sulistyono, M.R., Setiawan, A., Nuryanto, N. (2023). Penerapan Metode Design Thinking untuk Perancangan UI/UX Sistem E-Marketplace Berbasis Website. Journal of Information System Research (JOSH) 4(4):1364-1376. DOI:10.47065/josh.v4i4.3534.

Nabila, G., Stephanie, Wahyuni, S. (2022). Penerapan UI/UX Dengan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Jaya Indah Perkas. MDP Student Conference (MSC).

Wulandari, D.A.N., Sunarti, Kuspriyono, T. (2023). Design UI/UX Menggunakan Metode Design Thingking Pada Website UMKM Hendz Florist Aglonema. Jurnal Infortech 5(1):22-29. DOI:10.31294/infortech.v5i1.15376.

Downloads

Published

23-12-2024

Issue

Section

Articles