PENGARUH SIKAP DAN NORMA SUBJEKTIF PADA NIAT BELI PRODUK MENSTRUAL CUP KONSUMEN ZILINEAL DAN MILENIAL

Authors

  • Anggun Sulistyowati
  • Annisa Nadia Eka Putri
  • Jabalidham Dwi Pandu
  • Agustinus Satrio Jole

DOI:

https://doi.org/10.34151/prosidingsnast.v1i1.5072

Keywords:

Niat beli, Produk Ramah Lingkungan, Theory of Reasoned Action

Abstract

Pencemaran lingkungan yang dihasilkan salah satunya dihasilkan oleh konsumsi yang dilakukan KLHK menyebutkan tahun 2020 wilayah lautan Indonesia tercemar oleh 67,8 juta ton sampah. Jumlag komposisi sampah paling besar adalah sampah rumah tangga sebesar 42,23%. Untuk mengurangi dampak lingkungan yang terjadi, semua pihak perlu berperan dalam menjalani kehidupan yang berkelanjutan. Peran baik dari pebisnis maupun konsumen menjadi aspek penting dalam upaya ini. Sebagai konsumen, salah satu langkah untuk mengurangi pencemaran adalah dengan memilih dan menggunakan produk yang ramah lingkungan. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap dan norma subjektif terhadap niat beli produk ramah lingkungan, yaitu menstrual cup, di kalangan perempuan milenial dan zilenial di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik purposive sampling dan dilakukan melalui survei daring menggunakan Google Form. Penelitian ini melibatkan 100 responden yang berusia antara 17 hingga 41 tahun dan belum pernah membeli produk menstrual cup. Analisis data dilakukan dengan metode PLS-SEM menggunakan perangkat lunak SmartPLS. Hasil analisis menunjukkan bahwa sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, sedangkan norma subjektif tidak berpengaruh signifikan dan positif terhadap niat beli. Berdasarkan hasil analisis penelitian diketahui bahwa sikap memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap niat beli, sedangkan norma subjektif tidak mempunyai pengaruh yang positif dan tidak signifikan.

 

References

Ghozali, I (2017). Ghozali, I. d. (2015). Partial Least Squares Konsep Teknik dan aplikasi Smart PLS 3.0 . Semarang: Universitas Diponegoro

Hsu, C. L., Chang, C. Y., & Yansritakul, C. (2017). Exploring purchase intention of green skincare products using the theory of planned behavior: Testing the moderating effects of country of origin and price sensitivity. Journal of Retailing and Consumer Services, 34(September 2016), 145–152. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2016.10.006

Liobikienė, G., & Bernatonienė, J. (2017). Why determinants of green purchase cannot be treated equally? The case of green cosmetics: Literature review. Journal of Cleaner Production, 162, 109–120. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2017.05.204

Mahyarni, M. (2013). THEORY OF REASONED ACTION DAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (Sebuah Kajian Historis tentang Perilaku). Jurnal EL-RIYASAH, 4(1), 13. https://doi.org/10.24014/jel.v4i1.17

Manalu, V. G., & Adzimatinur, F. (2020). The Effect of Consumer Ethnocentrism on Purchasing Batik Products : Application of the Extended Theory of Planned Behaviour ( TPB ) and Price Sensitivity. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 3(4), 3137–3146. https://www.bircu-journal.com/index.php/birci/article/view/1342

Nickerson, C. (2023). Theory of Reasoned Action (Fishbein and Ajzen, 1975). Simply Psychology, 1–11.

Policarpo, M. C., & Aguiar, E. C. (2020). How self-expressive benefits relate to buying a hybrid car as a green product. Journal of Cleaner Production, 252, 119859. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2019.119859

Membenahi Tata Kelola Sampah Nasional (2021). Indonesia.go.id Diakses 15 Oktober 2024, dari https://indonesia.go.id/kategori/indonesia-dalam-angka/2533/membenahi-tata-kelola-sampah-nasional#:~:text=Kementerian%20Lingkungan%20Hidup%20dan%20Kehutanan,68%20kilogram%20sampah%20per%20hari.

Rifai, A. (2015). Partial Least Square-Structural Equation Modeling ( Pls-Sem ) Untuk Mengukur Ekspektasi Penggunaan Repositori Lembaga ( Pilot Studi Di Uin Syarif Hidayatullah Jakarta ). Al-Maktabh, 14, 56–65.

Shao, K., Elahi Shirvan, M., & Alamer, A. (2022). How Accurate Is Your Correlation? Different Methods Derive Different Results and Different Interpretations. Frontiers in Psychology, 13(May), 1–8. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.901412

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA

Sun, Y., Liu, N., & Zhao, M. (2019). Factors and mechanisms affecting green consumption in China: A multilevel analysis. Journal of Cleaner Production, 209, 481–493. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2018.10.241

Tan, C. N. L., Ojo, A. O., & Thurasamy, R. (2019). Determinants of green product buying decision among young consumers in Malaysia. Young Consumers, 20(2). https://doi.org/10.1108/YC-12-2018-0898

Downloads

Published

23-12-2024

Issue

Section

Articles