OPTIMALISASI SUPPLY CHAIN MANAGEMENT MENGGUNAKAN INTEGRASI BIG DATA DAN ARTIFICIAL NEURAL NETWORK UNTUK PREDIKSI PERMINTAAN PRODUK UMKM
DOI:
https://doi.org/10.34151/prosidingsnast.v1i1.5069Keywords:
artificial neural network, big data, prediksi permintaan, supply chain management, UMKMAbstract
Supply Chain Management (SCM) menjadi salah satu tantangan utama bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), terutama dalam menghadapi fluktuasi permintaan produk. Prediksi permintaan yang tidak akurat dapat menyebabkan masalah serius seperti kelebihan atau kekurangan stok, yang berujung pada inefisiensi operasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan prediksi permintaan produk UMKM dengan mengintegrasikan teknologi Big Data dan Artificial Neural Network (ANN) dalam SCM. Data penjualan historis dan perilaku konsumen selama tiga tahun terakhir digunakan sebagai dataset. Setelah dilakukan preprocessing dan normalisasi data menggunakan metode Big Data, model ANN dilatih untuk memprediksi permintaan produk. Hasil prediksi dibandingkan dengan metode konvensional seperti regresi linier dan moving average. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model ANN memberikan tingkat akurasi prediksi yang lebih tinggi dengan Mean Absolute Percentage Error (MAPE) sebesar 3.45%, lebih rendah dibandingkan regresi linier (7.89%) dan moving average (10.56%). Ini menunjukkan bahwa ANN mampu memproses data yang kompleks dan memberikan prediksi yang lebih akurat, yang pada akhirnya dapat mengurangi risiko SCM, terutama dalam hal pengelolaan inventaris dan distribusi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi Big Data dan ANN merupakan solusi efektif untuk meningkatkan efisiensi SCM di sektor UMKM. Meski demikian, terdapat tantangan dalam hal infrastruktur teknologi dan literasi digital yang perlu diatasi agar UMKM dapat mengadopsi teknologi ini secara lebih luas
References
Abualkishik, A. Z., Alwan, A. A., & Gulzar, Y. (2020). Disaster recovery in cloud computing systems: An overview. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 11(9), 702–710. https://doi.org/10.14569/IJACSA.2020.0110984
Agung, I. W. P. (2021). Optimasi Parameter Input pada Artificial Neural Network untuk Meningkatkan Akurasi Prediksi Indeks Harga Saham. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 10(2), 211–216. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v10i2.1166
Fathurrozi, A., Masya, F., & Sugiyatno. (2023). Implementasi Algoritma Apriori Untuk Prediksi Transaksi Penjualan Produk Pada Aplikasi Point Of Sales. Technomedia Journal, 8(2), 70–81. https://doi.org/10.33050/tmj.v8i2.2004
Harianti Hasibuan, L., Mailisa Putri, D., & Jannah, M. (2022). Penerapan Metode Least Square Untuk Memprediksi Jumlah Penerimaan Mahasiswa Baru Implementation Least Square Method for Prediction of New Student Numbers. Mathematics & Applications Journal, 33–39.
Jannah, M., Rianjaya, I. D., Binsasi, E., & Lewaherilla, N. (2022). Analisis Biaya Premi Asuransi Kesehatan Untuk Kasus Rawat Jalan Berdasarkan Tingkatan Usia. MAp (Mathematics and Applications) Journal, 4(1), 40–49. https://doi.org/10.15548/map.v4i1.4195
Kadeni, K. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 7(3), 615. https://doi.org/10.28926/briliant.v7i3.1019
Lamada, M. S., Parenreng, J. M., & Budi, T. S. (2023). Perancangan Aplikasi Pengelolaan Keuangan Keluarga Internal Usaha Mikro Kecil dan Menengah Berbasis Android (UMKM). Jurnal MediaTIK, 6(2), 115. https://doi.org/10.26858/jmtik.v6i2.47408
Mustika, S., Tiara, A., & Khotimah, W. Q. (2021). Pelatihan Meningkatkan Kapasitas Umkm Mitra Masjid Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat, 621–627. https://doi.org/10.18196/ppm.33.235
Nurviana, N. (2020). A Survey on Smart Analytics: Method, Tools, and Open Research Issues. Jurnal Sistem Cerdas, 3(1), 54–64. https://doi.org/10.37396/jsc.v3i1.54
Pahmi, M. A. (2021). Konsep One Sheet Report Manual Produksi Dan Pemetaan Six Big Losses. JENIUS : Jurnal Terapan Teknik Industri, 2(1), 51–63. https://doi.org/10.37373/jenius.v2i1.95
Perwitasari, A., Septiriana, R., & Tursina, T. (2023). Data preparation Structure untuk Pemodelan Prediktif Jumlah Peserta Ajar Matakuliah. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika (JEPIN), 9(1), 7. https://doi.org/10.26418/jp.v8i3.57321
Rahmat, D., & Rofi, A. (2022). Umkm Berbasis Digital Marketing Di Desa Perbawati Sukabumi. Surya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 55–62. https://doi.org/10.37150/jsu.v4i2.1750
Rahmi, M. (2021). Pelatihan Manajemen Usaha Dalam Meningkatkan Usaha Umkm Kuliner. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 1(1), 16–22. https://doi.org/10.59818/jpm.v1i1.29
Soori, M., Arezoo, B., & Dastres, R. (2023). Artificial neural networks in supply chain management, a review. Journal of Economy and Technology, 1(October 2023), 179–196. https://doi.org/10.1016/j.ject.2023.11.002
Widiputra, H., Adele Mailangkay, & Elliana Gautama. (2021). Prediksi Indeks BEI dengan Ensemble Convolutional Neural Network dan Long Short-Term Memory. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 5(3), 456–465. https://doi.org/10.29207/resti.v5i3.3111
Wiliandri, R.-. (2020). A Conceptual Approach to Identify Factors Affecting the Digital Transformation of Micro, Small and Medium-sized Enterprises (MSMEs) during Covid-19 Pandemic in Indonesia. Ekonomi Bisnis, 25(2), 66. https://doi.org/10.17977/um042v25i2p66-85
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.